Inilah 5 Mitos Pohon Bambu yang Dipercaya oleh Masyarakat Indonesia

Inilah 5 Mitos Pohon Bambu yang Dipercaya oleh Masyarakat Indonesia
Ilustrasi: Bambu. (8Villages)

Beberapa masyarakat percaya bahwa pohon bambu punya kekuatan magis bahkan jadi sarang hantu. Namun, ini tergantung jenis bambunya juga, lo. Lah, kok?

Inibaru.id – Bagi sebagian masyarakat Indonesia, bambu bukan sekadar tanaman. Ya, beberapa kalangan percaya tanaman satu ini punya arti lebih dan spesial. Meski sukar dicerna, beberapa orang memang kerap menganggap bambu punya kaitan erat dengan dunia gaib.

Di Indonesia, jenis bambu tertentu dianggap dapat mengusir jin, punya daya supranatural, dan bahkan jadi wadah mahkluk gaib. Kepercayaan ini masih bertahan di lingkungan masyarakat tradisional. Lalu bambu apa saja yang berhubungan dengan hal gaib?

Bambu Petuk: Tampat Tinggal Makhluk Gaib

Bambu petuk. (Youtube)
Bambu petuk. (Youtube)

Bambu petuk  tergolong spesial karena memiliki cabang atau ranting yang saling bertemu alias berhadapan satu sama lain. Namun untuk menemukan keanehan ini cukup sulit, lo.

Nah, di balik keunikan ini, bambu petuk juga dianggap sebagai tempat bersemayamnya makhluk gaib. Adakah jenis bambu ini di depan rumahmu?

Bambu Kuning: Punya Kekuatan Supranatural

Bambu kuning . (Liputan6)
Bambu kuning . (Liputan6)

Bambu kuning kerap dikaitkan dengan hal supranatural, misalnya punya khasiat untuk berbagai tujuan. Bagi yang percaya, bambu kuning dapat menghindarkan rumah dari pencuri.

Bambu yang kerap dijadikan sebagai hiasan di rumah itu juga konon mampu menolak bala. Bahkan, ada yang menjadikannya sebagai jimat. Sejumlah masyarakat adat juga menganggap bambu kuning sebagai tanaman dengan daya magis.

Hutan Bambu: Sarang Jin

Kumpulan bambu. (Deras.co.id)
Kumpulan bambu. (Deras.co.id)

Kamu mungkin pernah mendengar berita, ada orang atau benda hilang yang ditemukan di hutan bambu atau pepohonan bambu yang rimbun. Nah, rimbunnya bambu ini dipercaya sebagai tempat tinggal jin dari jenis-jenis tertentu. Suasana singup ini kerap jadi ciri tempat makhluk gaib berada.

Melangkahi Bambu: Akan Dibawa Makhluk Halus

Jangan melangkahi bambu ya. (Solopos)
Jangan melangkahi bambu ya. (Solopos)

Nggak sedikit orang yang melarang anaknya melangkahi batang bambu yang melintang di jalan. Mitos ini juga berkaitan erat dengan makhluk halus. Mereka umumnya percaya, bambu adalah sarana makhluk tak kasat mata untuk "menculik" anak-anak.

Nah, barang siapa melangkahinya, batang bambu itu akan membawanya ke atas, tempat makhluk halus penghuni pohon bambu itu bersemayam. 

Bambu Juga Datangkan Kesembuhan

Ilustrasi: Bambu. (Bombastis)
Ilustrasi: Bambu. (Bombastis)

Selain hal yang berbau mistis, serumpun bambu yang tumbuh di Dusun Daje Songai, Sumenep, Madura, ini dianggap dapat menyembuhkan penyakit. Hal itu karena bibit dari bambu tersebut dipercaya berasal dari tusuk gigi salah satu keturunan Raja Sumenep yang bernama Kakek Setir.

Itulah beberbagai kepercayaan masyarakat terhadap tanaman yang masuk dalam jenus rumput-rumputan ini. Kamu percaya, Millens? (Bom/IB27/E03)