Berikut Ini Fakta Geriatri, Kondisi Kehamilan yang Dialami Megan Markle

Tenaga ahli medis menyebut kehamilan Megan Markle sebagai kehamilan geriatri. Kira-kira seperti apa penjelasannya?

Berikut Ini Fakta Geriatri, Kondisi Kehamilan yang Dialami Megan Markle
Megan Markle hamil di atas usia 30. (yahoonewscanada)

Inibaru.id - Wanita yang hamil di atas usia 35 disebut mengalami kehamilan geriatri. Kondisi inilah yang dialami Megan Markle.Tapi tampaknya istilah ini nggak terlalu populer. Bisa jadi karena para wanita yang mengalami kondisi ini enggan menggunakannya. Masuk dalam kategori “usia ibu lanjut” tentu membuat mereka nggak nyaman. Perlakuan para dokter juga berbeda lantaran kehamilan di usia 30 seperti ini lebih rentan.

Pakar persalinan bersertifikat, Denna Blumenfeld berpendapat, sebutan “usia ibu lanjut” berdasarkan pada dua hal, yaitu kesehatan serta kesejahteraan bayi dan ibu. “Di atas usia 35, risiko cacat lahir tertentu naik secara signifikan. Risiko keguguran dan kelahiran mati meningkat seiring bertambahnya usia wanita,” ucapnya. Selain itu wanita hamil di atas 35 tahun juga berisiko memiliki kembar spontan, karena ovarium melepaskan terlalu banyak telur per siklus.

Dr. Sherry Ross, ahli kesehatan ob-gin dan wanita mengungkapkan, hamil di usia lebih dari 40 tahun berisiko mengalami komplikasi genetic dan medis meningkat lebih dari 50 persen. Menurutnya, hamil di usia “lanjut” memang nggak ada salahnya. Tapi ada fakta-fakta yang harus diperhatikan dalam merencanakan sebuah keluarga.

“Apa yang kita ketahui di dunia medis adalah bahwa kesuburan semakin menurun dengan bertambahnya usia,” ujarnya.

Ross juga menambahkan puncak kesuburan wanita berada di antara usia 20 hingga 24. Setelah 35, kesuburan menurun dengan cepat, terutama pada usia 40 tahun. Usia 40-45, kesuburan menurun hingga 95 persen.

Jika dikaitkan dengan kehamilan Meghan, istri Pangeran Harry ini harus mendapat pengawasan ketat dari dokter.

Spesialis medis ibu-janin di NYU Langone Medical Center, Dr. Shilpi Mehta-Lee, mengatakan pentingnya mendiskusikan risiko dan tes skrining yang harus dilakukan oleh wanita dengan kehamilan geriarti.

“Beberapa memilih untuk bertemu dengan konselor genetic untuk melakukan tes invasif, dan akses mungkin berbeda daripada untuk pasien yang lebih muda, ucapnya. Ia juga berkata, diskusi dengan ahli bisa mengurangi rasa gugup wanita hamil di “usia lanjut”.

Sebagaimana wanita hamil pada umumnya, wanita hamil pada “usia lanjut” juga harus menjalankan diet ketat. Mengonsumsi Steel Cut Oat atau oat yang dibuat dari roti gandum utuh lalu dicincang kasar, jus hijau setiap hari, acai, pasta dan ikan adalah bentuk makanan yang disarankan.

Selama ini, Meghan terkenal dengan gaya hidup sehat, termasuk dalam pola makan. Jadi, kemungkinan besar dia hanya tinggal melanjutkan pola makan yang sudah dia jalani.

Meghan bukan satu-satunya anggota pertama kerajaan Inggris yang hamil di usia lebih dari 35 tahun. Ratu Elizabeth II melahirkan putra bungsunya, Pangeran Edward, pada usia 37. Lalu, Kate Middleton mengandung Pangeran Louis pada usia 36 tahun.

Jadi seperti itu ya, Millens. Kalau kamu pengin punya momongan di usia berapa nih? (IB28/E05)