Saking Buruknya, Puskesmas Ini Dianggap Kandang Kambing

Lantaran mangkrak dan banyak kambing "bermain" di pelatarannya, Puskesmas Kedung Mutih dianggap laiknya kandang kambing. Yang menyedihkan, warga setempat terpaksa berobat ke puskesmas lain yang jaraknya hingga tujuh kilometer.

Saking Buruknya, Puskesmas Ini Dianggap Kandang Kambing
Kondisi Puskesmas Desa Kedung Mutih yang sangat memprihatinkan (Twitter/UmamKudus)

Inibaru.id – Berbeda dari puskesmas pada umumnya, kondisi Puskesmas Desa Kedung Mutih, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak ini terlihat mengenaskan, Sobat Millens. Nggak ada papan penunjuk di depan jalan. Bahkan, dari enam ruangan yang ada, cuma satu yang masih bisa dipakai.

Infrastruktur pusat kesehatan itu juga menyedihkan. Hampir semua dinding sudah mengelupas dan ambrol. Halaman depan yang kerap terendam banjir dan rob juga membuatnya lebih layak dijadikan kandang kambing.

seperti ditulis Detik.com, Senin (18/12/2017), salah seorang warga setempat, Limin (30) menyebut sudah nggak ada lagi aktivitas di puskesmas ini.

“Ada bidan tapi jarang ke puskesmas karena memang (tempatnya) nggak layak,” ungkapnya.

Baca juga:
Hoaks Isu Permen Susu Narkoba di Banyumas
Kumpulan Video Paling "Gila" Selama 2017

Kepala Desa Kedung Mutih, Suhari, berharap puskesmas yang sudah "mangkrak" sejak lima tahun silam itu bisa direnovasi total, atau dipindah saja karena kerap terkena banjir dan rob. Dia mengaku sudah mengajukan perbaikan sejak setahun yang lalu, tapi belum ada respons dari Dinas Kesehatan.

"Warga desa sini kerepotan untuk mendapat layanan kesehatan karena harus pergi ke puskesmas desa tetangga," ungkapnya, "Mereka harus menempuh jarak 7 kilometer."

Sementara, menurut Sekretaris Dinas Kesehatan Demak, Anggoro Karya Adisarsono, sebenarnya sudah ada enam puskesmas pembantu yang diajukan renovasinya lewat APBD 2017. Namun, rasionalisasi anggaran gagal. Hanya tiga puskesmas pembantu yang akhirnya direnovasi, yakni di Kecamatan Bonang, Kecamatan Dempet, dan puskesmas lain di Kecamatan Wedung, tepatnya di desa Babalan.

"Warga Kedung Mutih sebaiknya berobat di Desa Babalan saja yang nggak terlalu jauh," kata dia.

Anggoro juga mengaku belum bisa memastikan puskesmas di Kedung Mutih bakal direnovasi pada anggaran 2017 ini.

Baca juga:
ABG Lucu yang Viral Itu Kini Punya Sepeda dan Mukena Baru
Ketahuan, Diskotek sekaligus Pabrik Narkoba

“Anggaran 2017 sepertinya nggak ada anggaran untuk pembangunan fisik,” tandasnya.

Duh, fasilitas kesehatan buat masyarakat itu penting, lo. Kasihan kan kalau ada warga yang nggak bisa dilayani lantaran puskesmasnya "diambil alih" kambing. Seperti kata warganet, ini sebetulnya puskesmas atau kandang kambing?  (AW/GIL)