Ini Penyebab Menjamurnya Penjual Pizza Bermerek Terkenal di Pinggir Jalan

Ini Penyebab Menjamurnya Penjual Pizza Bermerek Terkenal di Pinggir Jalan
Semakin banyak penjaja pizza dari gerai bermerek di pinggir jalan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Semenjak pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia, kita semakin sering melihat dagangan pizza dari merek ternama di pinggir jalan dengan harga yang terjangkau. Apa penyebabnya, ya?

Inibaru.id - Pandemi Covid-19 nggak hanya berdampak ke kalangan usaha kecil menengah. Banyak perusahaan besar juga terkena imbasnya. Salah satunya adalah gerai pizza internasional, Pizza Hut. Semenjak ada pandemi, kini pegawai Pizza Hut di Indonesia bahkan diminta untuk menjajakan pizza di pinggir jalan.

Langkah ini ditempuh sebagai upaya untuk bertahan di tengah kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di banyak kota yang tentu sangat merugikan. Selain itu, meski ada wilayah yang nggak menerapkan PSBB, tetap saja pembelian pizza menurun drastis karena banyak orang yang khawatir tertular virus saat berada di luar rumah.

Salah satu pegawai Pizza Hut bernama Susi mengaku sudah berjualan pizza di pinggir jalan sejak awal pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia. Hal ini dilakukan demi mendongkrak penjualan perusahaan.

Harga pizza di pinggir jalan cenderung lebih murah. (BetaNews)<br>
Harga pizza di pinggir jalan cenderung lebih murah. (BetaNews)

"Ini sudah lama kita lakukan. Sejak Covid-19 ini masuk ke Indonesia dan kembali PSBB. Jadi sampai saat ini tetap jualan di pinggir jalan biar penjualan meningkat," ujar Susi di Jakarta, Minggu (27/9/2020).

Kata dia, keputusan untuk menjual pizza di pinggir jalan dilakukan agar nggak banyak pegawai yang dirumahkan atau bahkan mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). Apalagi kini kabar banyak orang yang kehilangan pekerjaan semakin sering terdengar.

Pihak pengelola Pizza Hut ternyata nggak ingin melakukan PHK atau merumahkan karyawan tanpa menggajinya akibat menurunnya penjualan di masa pandemi. Strategi lain pun dipilih, mereka kini 'menjemput bola' di lapangan.

Penjualan pizza di pinggir jalan dipengaruhi kondisi pandemi Covid-19. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Penjualan pizza di pinggir jalan dipengaruhi kondisi pandemi Covid-19. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Susi mengaku nggak malu kini harus berjualan pizza di pinggir jalan. Dia ikhlas melakukannya karena tetap ingin bekerja dan digaji

"Enggak malu sih karena kita juga buat makan biar tetap bekerja yang penting halal dan ikhlas," tutup Susi.

FYI, nih, Millens, nggak semua karyawan Pizza Hut ternyata turun ke jalan. Sistem penjualan pizza di pinggir jalan juga dilakukan secara bergantian.

Memang, semakin parahnya pandemi Covid-19 di Indonesia memberikan efek yang nggak main-main, Millens, Selalu jaga kesehatan dan untuk saat ini sebaiknya batasi ke luar rumah dulu agar pandemi bisa semakin dikendalikan dan ekonomi pun semakin membaik, ya? (Oke/IB28/E07)