Ini Penyebab Kominfo Blokir Situs IndoXXI

Ini Penyebab Kominfo Blokir Situs IndoXXI
Situs IndoXXI yang diblokir Kominfo. (jalantikus.com)

Kominfo membuat tindakan berani dengan menutup situs streaming film ilegal IndoXXI yang populer di kalangan warganet. Apa sih alasan yang membuat mereka memutuskan untuk menutupnya?

Inibaru.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memutuskan untuk memblokir situs yang menyediakan layanan streaming film ilegal IndoXXI dan ribuan situs serupa lainnya. Padahal, situs ini tergolong sering digunakan pengguna internet di Indonesia untuk mencari hiburan.

Kompas, Minggu (22/12/19) menulis, Direktur Jenderal Aptika Kominfo, Semuel Pangerapan menyebut setidaknya ada 1.000 situs yang diblokir terkait dengan pembajakan.

Survei yang dilakukan Yougov untuk Coalition Against Piracy (CAP) menyebut proses pemblokiran situs ini telah dilakukan dalam enam bulan terakhir, tepatnya sejak Juli 2019. Survei ini juga menyebut sekitar 63 persen dari 1.045 sampel pengguna internet di Indonesia menonton film di situs-situs streaming film bajakan atau ilegal. Para partisipan ini mengaku memilih untuk menonton di situs ilegal tersebut karena nggak mau membayar biaya langganan di situs resmi.

IndoXXI merupakan situs paling populer karena digunakan oleh sekitar 35 persen perangkat streaming ilegal. Situs ini populer di kalangan anak muda karena ditonton oleh 44 persen warganet berusia 18 hingga 24 tahun.

Tak hanya merugikan dunia hiburan, keberadaan situs streaming film ilegal seperti IndoXXI disebut-sebut bisa menjadi awal penyebaran malware.

“Ini berbahaya, selain merugikan pemilik Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), ada beberapa yang kami tutup, kami menemukan menyebarkan malware,” lanjutnya.

Jika perlindungan HAKI ini tidak dilakukan, dikhawatirkan akan membuat kreator malas untuk berkarya.

“Kalau kita kerja pasti digaji, kalau mereka berkarya, karya mereka harus dihargai. Untuk itu kami berupaya melindungi,” pungkasnya.

Millens setuju atau malah merasa dirugikan dengan keputusan pemblokiran situs streaming seperti IndoXXI ini? (IB09/E06)