Ini Penyebab Akun Media Sosial Gampang Diretas Orang

Ini Penyebab Akun Media Sosial Gampang Diretas Orang
Hati-hati, kalau nggak ketat, somed kamu bisa dihack orang. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Media sosial jadi ladang yang empuk bagi para peretas. Takutnya jika maksudnya jahat privasi kamu akan disalahgunakan. Lalu kenapa sih media sosial begitu gampang diretas?

Inibaru.id – Salah satu permasalahan dalam dunia cyber saat ini adalah bocornya informasi pribadi atau peretasan. Seringnya menimpa akun media sosial. Namun tahukah kamu kenapa akun media sosial mudah sekali dibobol oleh seseorang?

Sandi Mudah Ditebak

Biasanya orang-orang yang diretas kata sandinya nggak jauh-jauh dari tanggal lahir atau yang kata-kata yang paling sering yakni “Bismillah” atau “Rahasia”. Jadi solusinya, gunakanlah password dengan menggunakan kombinasi huruf dan angka. Atau kalau bisa gunakan kata-kata yang sulit.

Buat sandi yang sulit. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)<br>
Buat sandi yang sulit. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Menganggap Enteng Fitur Proteksi Tambahan

Semua medsos punya fitur proteksi tambahan untuk keamanan pengguna. Misalnya verifikasi 3 langkah yang ada di Whatsapp. Namun nggak semua orang menggunakan fitur itu.

Memang alasan nggak dipakai karena nantinya akan repot. Namun kalau kamu memakai ini akun media sosial kamu bisa terlindung dari peretasan.

Login ke Akun Sosmed Nggak Resmi

Banyak situs web yang mengatasnamakan sosmed ternama, padahal itu palsu. Hal itu dilakukan untuk mengambil alih akun yang kamu gunakan di situs tersebut.

Maka jangan sembarangan login dan gunakan username serta kata sandi di akun media sosial di aplikasi dan website yang terpercaya.

Jangan pakai password yang sama dalam banyak akun. (Pexels)<br>
Jangan pakai password yang sama dalam banyak akun. (Pexels)

Tergiur dengan Hadiah Palsu

Banyak penipu yang mengeluarkan hadiah dengan iming-iming menggirkan. Cermati dulu sebelum kamu digoda oleh hal-hal tersebut.

Adanya hadiah palsu tersebuit juga bermaksud untuk meretas akun media sosialmu. Jadi jika ada hadiah dengan nilai yang menggiurkan, jangan mudah percaya jika bukan dari pihak resmi yang terkait.

Pakai Satu Password yang Sama

Sandi yang sama mungkin memudahkan saat login dan mengurangi kelupaan. Namun hal itu jika satu akun kamu kena hack, maka yang lain pun akan ikut terkena. Maka, untuk antisipasi kejahatan cyber, gunakan sandi yang berbeda ya.

Jadi, cermati poin-poin tadi agar akun media sosialmu lebih terproteksi ya, Millens. (IB28/E05)