Ini Pemilik Uang Pecahan Rp 75 Ribu Pertama dari Jateng

Ini Pemilik Uang Pecahan Rp 75 Ribu Pertama dari Jateng
Ganjar terima pecahan uang Rp 75 ribu sebagai cendera mata. (Ngopibareng.id)

Kini masyarakat sudah bisa memiliki pecahan uang spesial ulang tahun kemerdekaan sebesar Rp 75.000. Tapi tahukan kamu orang pertama di Jawa Tengah yang memiliki uang ini?

Inibaru.id – Di momen peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-75, Bank Indonesia merilis pecahan uang baru yaitu Rp 75.000. Hal ini sontak membuat masyarakat penasaran setengah mati. Namun ternyata nggak mudah untuk mendapatkan pecahan uang satu ini lo, Millens!

Di Jawa Tengah, orang pertama yang berkesempatan untuk memiliki uang dengan pecahan baru ini adalah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah. Ganjar mendapatkan uang dengan gambar Soekarno-Hatta ini setelah mengikuti peluncuran secara virtual di kantornya.

Peluncuran dilakukan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Gubernur Bank Indonesia Perry Wijayanto. Setelah mengikuti peluncuran, Ganjar pun mendapat cendera mata berupa uang tersebut dari Kepala BI Perwakilan Jawa Tengah.

Ganjar saat menerima uang pecahan baru. (Beritasatu)
Ganjar saat menerima uang pecahan baru. (Beritasatu)

Gambar yang terdapat di uang pecahan baru tersebut menggambarkan siluet berbagai kebudayaan Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan budaya.

“Ya, ini ada uang peringatan 75 tahun Indonesia Merdeka. Dibuat uang khusus Rp 75.000. Saya dikasih uang ini sebagai cendera mata. Nanti masyarakat juga bisa memiliki uang ini dengan masuk aplikasi," ungkap Ganjar.

Yang spesial, uang baru yang diterima Ganjar memiliki nomor seri yang cantik yaitu 457575. Yup, nomor yang pas dengan momentum Kemerdekaan Indonesia ke-75!

Uang Rp 75.000. (Tempo)
Uang Rp 75.000. (Tempo)

Dalam keterangannya, Ganjar berharap agar pecahan uang baru tersebut dapat merepresentasikan keanekaragaman suku yang ada di Indonesia.

“Mudah-mudahan, dengan uang ini kita bisa melihat sejarah Indonesia. Selain itu, melalui uang ini kita bisa melihat keanekaragaman suku yang ada di Indonesia. Ke-bhinekaan ada di sini, dengan background pembangunan Indonesia di usianya yang sudah menginjak usia 75 tahun,” tambah Ganjar

Dirinya juga berharap agar masyarakat dapat memahami, merayakan sekaligus bangga kepada negerinya sendiri, Indonesia.

Sementara itu, Sri Mulyani dalam sambutannya mengatakan bahwa uang khusus tersebut diluncurkan  dalam rangka memperingati peristiwa atau tujuan khusus yaitu Kemerdekaan Indonesia ke-75 tahun.

“Mata uang pecahan Rp 75.000 ini dicetak terbatas hanya 75 juta lembar. Meskipun merupakan alat tukar yang sah, namun diharapkan uang  ini tidak dibelanjakan,” ungkap Sri Mulyani.

Nah, buatmu yang pengin  memiliki pecahan uang edisi special ini, langsung saja mendaftar melalui aplikasi Bank Indonesia di https://pintar.bi.go.id. Eits, satu NIK hanya boleh memiliki satu lembar uang ya. Biar yang lain juga kebagian. He (Jat/IB27/E05)