Lagi Program Diet? Unduh Aplikasi-aplikasi Pendukung Ini!

Kamu lagi program diet? Nah, biar makin lancar dan nggak malas-malasan, yuk simak lima aplikasi yang bisa mendukung keberhasilan dietmu ini!

Lagi Program Diet? Unduh Aplikasi-aplikasi Pendukung Ini!
Program diet. (Hopkinsmedicine.org)

Inibaru.id – Menjalani program diet bukanlah pekerjaan mudah. Godaan mengonsumsi camilan kesukaan atau makan-makan di kafe langganan bisa menjadi tantangan yang begitu sulit dielakkan. Eits, tapi jangan goyah! Biar kamu tetap semangat dan konsisten dengan program diet yang tengah kamu jalani, ada beberapa aplikasi yang bakal berguna banget buatmu nih! 

1. FatSecret

Tersedia di Playstore, aplikasi yang sudah diunduh sebanyak 10 juta kali ini tergolong lumayan lengkap, Millens. Aplikasi ini cukup menarik karena bisa mengetahui bahkan mengatur jumlah kalori yang masuk ke tubuh kita tiap hari. Kalori yang masuk sejak sarapan hingga makan malam bisa kita atur.

Selain lengkap, cara pakai FatSecret juga relatif nggak ribet. Pertama, kamu harus mengisi data diri yang meliputi usia, jenis kelamin, tinggi badan, dan berat badan. Lalu, kamu pilih deh tujuan diet yang pengin kamu capai. Pilihannya ada fat loss (mengurangi lemak), maintenance (kebugaran), dan muscle gains (peningkatan massa otot).

Semisal kamu pilih fat loss, kamu kemudian akan diarahkan untuk memilih level aktivitas sehari-hari, mulai dari jarang beraktivitas hingga aktivitas yang intens. Dari situ kamu bakal tahu berapa besar kebutuhan kalorimu tiap hari. Kemudian, apapun yang kita makan harus kita laporkan ke FatSecret. Jika konsumsimu keluar batas, kamu bakal diberi peringatan. 

2. Calorie Counter

Asupan kalori memang penting diatur saat diet. Nah, lewat aplikasi ini kamu bisa mengecek kandungan kalori dari suatu makanan sebelum dikonsumsi. Menariknya, aplikasi ini punya fitur suara. Jadi, kamu tinggal sebutkan nama makanannya dan aplikasi ini akan menghitung jumlah kalorinya deh. Oya, ada fitur barcode scanner juga lo untuk mengetahui kandungan kalori makanan itu. Nggak kurang dari 50 juta orang telah umengunduh aplikasi ini.

3. Water Time

Kalau lagi diet, jangan lupa minum air putih yang teratur agar pembakaran lemak semakin maksimal. Nah, Water Time bakal membantu mengingatkanmu untuk minum air via alarm yang bisa kita atur sesuka hati, semisal setiap 15-30 menit. Kita bisa mengaturnya juga lewat pengisian data sebelum mulai memakai aplikasi yang sudah diunduh di Playstore sebanyak 5 juta kali ini.

4. Run Keeper

Pengingat kalori, sudah. Pengingat untuk mintum air putih juga sudah. Namun, masih ada yang kurang nih. Yap, ayo diimbangi dengan olahraga! Run Keeper akan membantumu menghitung jumlah kalori yang sudah terbakar ketika lari, juga detak jantung dan penurunan berat badan.

Lebih dari itu, kamu juga bisa mendengarkan lagu "workout" dan seruan semangat lewat aplikasi yang telah diunduh sebanyak 10 juta pengguna ini.

5. 7 Minutes

Kamu malas untuk lari? Tenang, ada aplikasi 7 Minutes. Dengan aplikasi yang sudah diunduh sebanyak 10 juta kali di Playstore ini, kamu tetap bisa membakar lemak tanpa keluar ruangan. Tinggal ikuti gerakan-gerakan workout yang dipandu oleh aplikasi ini selama 7 menit, kamu sudah bisa keluar keringat kok!

Gerakannya nggak susah dan kamu bisa melakukannya di dalam ruangan. Jadi, nggak ada lagi deh alasan untuk malas olahraga karena panas! Ha-ha.

Buruan deh unduh aplikasi-aplikasi pendukung diet itu! Tetap semangat untuk diet dan jangan malas-malasan ya, Millens! Ini kan demi hidup yang lebih sehat! (Mayang Istnaini/E03)