Ini Manfaat Berkebun untuk Kesehatan Tubuh dan Mentalmu

Ini Manfaat Berkebun untuk Kesehatan Tubuh dan Mentalmu
Berkebun dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan mental. (Chadwicks.ie)

Berkebun memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan. Siapa sangka, berkebun juga memiliki dampak yang serupa dengan melakukan olahraga dan meditasi.

Inibaru.id – Kegiatan berkebun bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan. Nggak hanya kesehatan fisik, berkebun juga meningkatkan kesehatan mental. Ini sebabnya, berkebun menjadi aktivitas alternatif yang oke buat masyarakat yang tinggal di perkotaan maupun pedesaan.

Melansir National Geographic, ilmuwan Inggris, Profesor Paula Dola menjelaskan pekerjaan sebagai tukang kebun dan penjaga toko bunga merupakan dua profesi yang paling membahagiakan di dunia. Kebahagiaann dua profesi ini  setara dengan mereka yang bekerja di tempat bergengsi atau mereka yang berpenghasilan baik.

Profesor yang juga menulis buku Happiness by Design itu menulis, sekitar 9 dari 10 tukang kebun dan tukang bunga merasa senang dengan pekerjaan mereka. Hal ini mengindikasikan kegiatan berkebun memang memiliki banyak manfaat. Selain membuat bahagia, berikut manfaat lain yang akan kamu dapatkan jika berkebun.

Membuatmu Lebih Aktif

Aktif dengan berkebun. (Blibli)<br>
Aktif dengan berkebun. (Blibli)

Aktivitas berkebun memiliki manfaat yang sama pentingnya dengan berolahraga. Dari berkebun kamu bisa meningkatkan suplai oksigen ke tubuh, mengurangi tekanan darah tinggi, hingga menjaga kekuatan otot. Misalnya, ketika kamu berjongkok untuk memotong rumput, aktivitas ini bakal bikin otot di kaki dan pinggang kamu berfungsi optimal.

Mengolah Tanah dan Siap Berkotor Ria

Jangan takut kotor. (Gemmil)
Jangan takut kotor. (Gemmil)

Peribahasa yang mengatakan “berani kotor itu baik” tentu bukan isapan jempol belaka. Hal ini karena tanah memiliki bakteri-bakteri yang baik untuk kesehatan tubuh kamu. Tubuh manusia membutuhkan bakteri baik ini untuk sehat. Di sisi lain, aktivitas berkebun bisa meningkatkan mood juga lo.

Berkebun Memberikan Terapi

Berkebun memberi efek senang. (Amberbuddy)<br>
Berkebun memberi efek senang. (Amberbuddy)

Penelitian menunjukkan bahwa berkebun memiliki efek terapi yang sangat bermanfaat tubuh. Seperti meningkatkan aktivitas otak, menurunkan tekanan  darah, mengurangi risiko stroke dan serangan jantung. Berkebun juga berkhasiat untuk menurunkan stres dan memberi kepuasan tersendiri, serta memberikan efek yang tenang bagi suasana hati.

Program Penghijauan Lingkungan

Penghijauan lingkungan dengan berkebun. (Casaindonesia)
Penghijauan lingkungan dengan berkebun. (Casaindonesia)

Jika kamu kerap memakan sayuran dan buah-buahan, kenapa kamu nggak mencoba untuk menanamnya sendiri? Dengan menanam, kamu akan terlatih untuk merawat, menyiram, memanen, hingga mengolahnya menjadi makanan. Aktivitas ini juga memberi kontribusi untuk penghijauan lingkungan lo.

Meditasi

Efek berkebun seperti meditasi. (Wanderlust/Kylie Turley)<br>
Efek berkebun seperti meditasi. (Wanderlust/Kylie Turley)

Dalam meditasi, segenap jiwa dan pikiranmu tentu bakal fokus dan terpusat pada moment tersebut. Nggak berbeda dengan meditasi, berkebun juga memberi efek serupa. Bedanya perhatianm tercurahkan pada tanaman. Proses berkebun memberi ketenangan yang serupa sebagaimana posisi meditasi.

Bagaimana Millens, berminat untuk berkebun di rumah? (MG26/E06)