Ini Lo Penjelasan Ilmiah Penyebab Rambut Rontok Pascamelahirkan
Pascamelahirkan biasanya rambut akan rontok. (WartaKesehatan)

Ini Lo Penjelasan Ilmiah Penyebab Rambut Rontok Pascamelahirkan

Sebagian besar perempuan yang selesai bersalin akan mengalami kerontokan rambut. Ketidakimbangan hormon setelah melahirkanlah yang menjadi penyebabnya. Kondisi ini akan berlangsung selama 3-4 bulan.

Inibaru.id - Pascamelahirkan biasanya ibu baru mengalami beberapa perubahan. Satu di antaranya, mengalami kerontokan rambut. Meski bersifat sementara, banyak ibu yang merasa cemas karena helaian rambut yang rontok lumayan banyak setiap hari.

Ternyata, kerontokan ini disebabkan kadar estrogen dan progesteron menurun dan menjadi normal kembali setelah sebelumnya kedua hormon ini melonjak tajam sejak seorang perempuan hamil. FYI, estrogen adalah hormon yang punya peran banyak, termasuk merawat kulit, memproduksi kelenjar minyak, dan menumbuhkan rambut.

Selama kehamilan, kenaikan hormon estrogen merangsang rambut untuk masuk ke dalam fase pertumbuhan. Jadi perempuan hamil akan merasa rambutnya lebih tebal dan jarang rontok. Masalahnya, nggak semuahormon langsung kembali normal setelah bersalin. Ada beberapa hormon yang masih tinggi.

Inilah yang menyebabkan transisi dari fase pertumbuhan rambut ke fase istirahat. Ditambah dengan kurang tidur dan stres mengurus bayi akan membuat rambut rontok cukup banyak. Biasanya kerontokan akan terjadi sekitar 3-4 bulan. Jadi, nggak perlu khawatir.

Mengatasi Kerontokan

Memang kerontokan rambut tersebut nggak bisa dicegah. Namun ada beberapa upaya yang bisa kamu lakukan agar rambut tetap sehat dan tumbuh dengan cepat. Pertama, berhati-hati saat menyisir rambut, keramas, atau mengeringkannya. Jangan sampai mengikat rambut terlalu kencang agar tidak terjadi tarikan pada folikel.

Kebutuhan nutrisi tubuh haruslah tetap dijaga dengan mengonsumsi sayur, buah, daging, ikan, lemak sehat, protein, dan kacang-kacangan. Sebisa mungkin kurangi stres karena jika nggak, hormon kortisol akan berdampak buruk pada siklus rambut. Istirahat cukup dan lakukan hal-hal yang membuat rileks di sela kesibukan mengurus bayi.

Jadi seperti itu ya, Millens. Jangan jadikan rambut rontok sebagai pemicu stres ya. (IB28/E05)