Berapa Lama Daging Bisa Disimpan di Kulkas?
Menyimpan daging di dalam kulkas. (Momyasia)

Berapa Lama Daging Bisa Disimpan di Kulkas?

Kulkas memang tempat yang paling aman untuk menyimpang daging. Eits, tapi ada batas waktunya, lo. Nah, berikut penjelasannya.

Inibaru.id – Usai Iduladha, kamu pasti mendapat banyak daging. Saking banyaknya daging, nggak semuanya kamu masak dalam satu waktu kan? Nah, untuk menyimpannya, masyarakat biasanya memasukkan daging ke kulkas. Cara itu memang efektif tapi jangan lalai dengan masa kedaluwarsa daging yang disimpan di kulkas, ya.

Menentukan berapa lama daging boleh disimpan di kulkas bergantung dengan jenis daging. Seperti contoh, daging unggas bisa bertahan hingga sembilan bulan jika disimpan di dalam freezer. Lalu untuk ikan-ikan dan produk makanan laut segar mentah dapat disimpan dalam kulkas selama 1-2 hari sebelum diolah. Bila ingin umurnya lebih lama hingga enam bulan ke depan, pindahkan ke freezer.

Sementara itu, untuk daging merah mentah seperti daging sapi, kambing, domba, kerbau, dan lain-lainnya dapat disimpan di kulkas selama tiga sampai empat hari. Jika disimpan di freezer, daging merah mentah bisa bertahan hingga 4-12 bulan bergantung jenis daging tersebut.

Namun, lama waktu tersebut nggak berlaku untuk daging merah yang telah digiling. Daging yang sudah digiling dapat bertahan selama 1-2 hari di dalam kulkas dan 3-4 bulan di dalam freezer.

Kendati dapat bertahan lama, kamu mesti tetap mengecek kondisi daging terlebih dahulu sebelum mengolahnya, Millens. Bila setelah disimpan warna daging berubah kecoklatan dan terlihat nggak segar, tandanya kamu sudah nggak bisa mengonsumsi daging itu lagi.

Selain itu, bila kamu mengeluarkan daging yang disimpan atau dibekukan dalam kulkas, langsung saja olah semuanya agar nggak ada sisa yang harus dibekukan kembali. Membekukan kembali daging mentah yang telah dicairkan dapat menurunkan kualitas daging dan membuatnya cepat busuk, lo.

Jadi, perhatikan dulu berapa lama dagingmu bisa bertahan di kulkas, ya. Sayang banget kan kalau nanti dagingmu busuk? (IB07/E04)