Ini Kata Sains Soal Lama Cuti yang Ideal

Cuti bisa dibilang sebagai waktu spesial untuk para pekerja untuk pergi berlibur. Sayang, beberapa orang kebingungan bagaimana baiknya mengambil saat-saat cuti. Nah, beberapa penelitian ini memberikan jawaban tentang seberapa lama waktu cuti yang ideal.

Ini Kata Sains Soal Lama Cuti yang Ideal
Ilustrasi pergi berlibur. (Shutterstock)

Inibaru.id – Setiap tahun, pegawai di kantor biasanya punya jatah cuti. Jatah itu bisa digunakan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, menghadiri acara keluarga yang mendadak, atau malah dipakai untuk berlibur merelaksasi pikiran. Namun, seberapa lama sih idealnya waktu cuti yang dibutuhkan untuk berlibur?S

ebuah universitas di Finlandia pernah melakukan penelitian tentang hal ini. Dengan dipimpin psikolog organisasi dan kerja Jessica de Bloom, tim peneliti mengamati 54 orang dengan beberapa aspek seperti perencanaan masa cuti, seberapa mereka menikmati hari cuti, dan mengajukan pertanyaan singkat tentang pengalaman liburan untuk kesejahteraan mereka secara keseluruhan.

Berdasarkan penelitian tersebut, terungkap sebagian besar orang lebih senang mengambil cuti selama delapan hari.

"Bisa jadi delapan hari adalah yang ideal untuk sepenuhnya mendapatkan manfaat dari liburan," kata Jessica de Bloom dalam The Wall Street Journal.

Hasil ini juga disepakati pakar personalia Tim Sackett yang mengatakan delapan hari adalah durasi yang pas untuk berlibur.

"Anda berangkat Jumat setelah pulang kantor, mungkin izin pulang cepat. Lalu libur Sabtu, Minggu, Senin, Selasa, Rabu, kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu,” tulis Tim Sackett di laman blognya, Timsackett.com (27/7/2015).

Setiap kantor pasti punya aturan tersendiri dalam memberikan cuti kepada para karyawannya. Bagi yang punya jatah cuti delapan hari atau lebih dari itu, bisa banget dimanfaatkan untuk berlibur, Millens. Dengan berlibur, kamu bisa mengistirahatkan pikiranmu sejenak dari ingar binar pekerjaan. Eh, tapi kamu biasanya butuh berapa hari sih buat berlibur? (IB07/E04)