Mau Barbekuan Sehat? Intip Caranya Di Sini

Mau Barbekuan Sehat? Intip Caranya Di Sini
Barbeku. (www.sabigaju.com)

Kini nggak perlu khawatir lagi bila ingin mengadakan pesta barbeku karena menunya tinggi kalori dan lemak. Dengan mengikuti tips di bawah ini, kesehatanmu akan tetap terjaga. Simak yuk!

Inibaru.id – Pesta barbeku emang yang paling pas dilakukan untuk menyambut Tahun Baru nanti. Sayangnya, menu barbeku cenderung nggak sehat dan malah bikin gemuk karena disantap saat malam. Nah, berikut ini tips pesta barbeku yang sehat.

Pilih daging rendah lemak

Dada ayam. (Thinkstock)

Pemilihan jenis daging akan sangat berpengaruh untuk kesehatan. Kamu harus bijak memilih daging yang akan kamu gunakan untuk barbekuan, yakni daging yang rendah lemak. Misalnya seperti daging dada ayam tanpa kulit, punggung kambing, atau kamu bisa menggunakan ikan. Namun perlu diingat ya Millens, daging rendah lemak cenderung lebih cepat matang. Jadi jangan kelamaan memanggang supaya nggak gosong.

Campur dengan sayuran

Kreasikan satai barbeku dengan sayuran. (arah.com)

Makin lengkap rasanya kalau di menu barbekumu ada sayuran. Selain sehat, sayuran jadi makan lezat ketika ikut dikreasikan, seperti dijadikan satai, salad, atau sup. Misalnya terong, paprika, selada, tomat, bawang bombay, dan jamur. Kamu juga bisa menambahkan jagung dan ubi sebagai pengganti karbohidratnya.

Perhatikan menu minuman dan hidangan pencuci mulut

Minuman sehat dari buah-buahan. (breakingnews.co.id)

Kehadiran minuman dingin menjadi pelengkap yang menyegarkan di acara barbekuanmu. Namun, mengonsumsi minuman seperti soda sangat nggak dianjurkan kalau kamu ingin tetap sehat. Soda mengandung kalori dan gula yang tinggi, bahkan sama sekali nggak mengandung nutrisi.

Sebagai gantinya, kamu bisa menghadirkan jus buah asli, teh tawar, air kelapa, dan jangan lupa untuk menyertakan air putih. Untuk hidangan pencuci mulut, kamu bisa menyajikan buah-buahan seperti apel, semangka, atau mangga.

Meracik bumbu sendiri

Related image Saus. (Foodnetwork)

Ada baiknya kamu meracik bumbumu sendiri untuk pesta barbekuan. Selain lebih sehat, kebersihannya bisa kamu jaga sendiri. Pemilihan bahan-bahan yang kamu butuhkan juga harus diperhatikan seperti masih segar atau nggak. Kamu juga harus mencuci bahan-bahan tersebut dengan bersih supaya nggak ada lagi kuman yang tertinggal. Dalam penggunaan minyak, kamu bisa menggunakan minyak sayur atau minyak zaitun.

Penggunaan Arang dan Alat Bakar

Cara membakar arang. (merdeka.com)

Jika kamu membakar menggunakan arang, ada tips nih buatmu saat menyalakan api. Arang sebenarnya mudah terbakar bila nggak tertiup angin. Kamu juga nggak perlu menyiramkan minyak di atas arang karena arang mudah terbakar. Penggunaan minyak justru akan merusak cita rasa makanan.

Sebagai ganti minyak, kamu bisa memakai koran bekas. Caranya, bakar koran bekas lalu letakkan di tempat pembakaran. Setelah itu susun arang agar ikut terbakar dengan koran-koran tersebut. Taruh bahan makanan begitu bara sudah tampak.

Eits, jangan lupa juga untuk membersihkan alat bakar sebelum dan setelah digunakan ya Millens. Semoga tips di atas bermanfaat. (IB07/E05)