Ini Alasan Utama Mengapa Nggak Boleh Bermain Ponsel saat Mengisi BBM

Ini Alasan Utama Mengapa Nggak Boleh Bermain Ponsel saat Mengisi BBM
Ilustrasi - Saat mengisi BBM, pastikan nggak memainkan ponsel. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Masih banyak orang menyepelekannya dan bermain ponsel saat mengisi BBM. Padahal, dampaknya bisa sangat fatal seperti sebagai berikut.

Inibaru.id – Meski pihak SPBU sudah memasang peringatan agar kita nggak memainkan ponsel saat mengisi BBM, tetap saja banyak orang yang mengabaikannya. Biasanya, mereka mengabaikannya karena berpikir jika ponsel seharusnya nggak berbahaya bagi kondisi SPBU. Lantas, sebenarnya, apa sih dampak yang bisa terjadi kalau kamu tetap memainkannya saat mengisi BBM?

Memang, kasus ledakan atau kebakaran yang disebabkan oleh memainkan ponsel saat mengisi kendaraan bermotor dengan BBM nggak selalu terjadi. Tapi, para ahli menyebut kasus ini memang sangat mungkin terjadi. Hal ini disebabkan oleh frekuensi tinggi dari jaringan ponsel, apalagi saat digunakan untuk berkirim pesan atau menelepon.

Jika kamu memainkannya saat pengisian BBM sedang berlangsung, dikhawatirkan akan menyebabkan munculnya bunga api. Memang, bunga api yang diproduksi ponsel sangatlah kecil, yakni sekitar satu micron. Seringkali bunga api ini nggak cukup kuat untuk memicu kobaran api dari uap bensin yang sedang diisi ke kendaraan.

Selain memainkan ponsel, ada beberapa larangan lain di SPBU. (inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Selain memainkan ponsel, ada beberapa larangan lain di SPBU. (inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Jika sirkulasi udara SPBU sangatlah buruk, maka udara bisa-bisa sudah dipenuhi denan uap bensin dan benzena. Jika hal ini terjadi, bunga api sekecil apapun bisa saja memicu kebakaran atau ledakan. Karena alasan inilah sebaiknya kita nggak memainkannya saat mengisi BBM.

Hal yang sama berlaku jika kita memotret dengan memakai kilatan atau flash. Meski bisa membuat hasil tes lebih ciamik, keberadaan flash ini bisa memicu munculnya sinar UV serta panas berlebihan pada kamera yang menyebabkan kebakaran atau ledakan. Nggak hanya kamera, kamera ponsel juga sebaiknya nggak kamu gunakan demi mencegah bencana karena dinyalakan di tengah perjalanan.

Saat mengisi BBM atau berada di lingkungan SPBU, kamu sebaiknya nggak merokok. Hal ini disebabkan oleh percikan api dari rokok yang bisa saja memicu kebakaran sewaktu-waktu. Selain itu, pastikan bahwa kamu sudah mematikan mesin saat mengisi BBM.

Meski terlihat sepele, hal ini sangat penting demi memicu gangguan kelistrikan mobil yang akhirnya berujung pada kebakaran. (Gri/IB09/E05)

Tags : #Ponsel #BBM #SPBU