Ini Alasan Seorang Introver Selalu Terlihat Canggung

Seorang introver biasanya cenderung lebih pendiam dan canggung. Bukan tanpa alasan, sikap seorang introver memiliki penjelasan yang masuk akal, kok.

Ini Alasan Seorang Introver Selalu Terlihat Canggung
Ilustrasi seorang introver. (Unsplash/Ismail Hamzah)

Inibaru.id – Daripada ekstrover, seorang introver terlihat lebih canggung bila ada di keramaian.. Sifat yang pemalu, tertutup, dan sulit berinteraksi membuat seorang introver sering dipandang sebelah mata. Terlebih seorang introver lebih senang menyendiri dibanding harus bersosialisasi sehingga orang lain memandangnya sebagai sosok yang berbeda.

Eits, namun hal ini justru unik dan memiliki alasan tersendiri lo. Yap, seorang introver nggak semata-mata malas dan sulit bersosialisasi. Mereka adalah tipe pemikir yang dalam.

Sebelum berbicara, seorang introver akan meneliti lebih dulu kebenaran dari hal yang akan dibicarakan. Setelah yakin, barulah dia mau berbicara.

Biasanya seorang introver adalah pengamat. (Unsplash/Milan Popovic)

Selain itu, seorang introver bukanlah tipe orang yang serba spontan. Butuh waktu lebih bagi seorang introver untuk memikirkan sesuatu, msalnya tentang sikap seseorang yang sedang berbicara dengannya. Jika dia benar-benar merasa nyaman, barulah akan terjadi obrolan yang lebih lanjut.

Nggak heran kalau butuh waktu lama pula bagi seorang introver untuk menjalin sebuah hubungan, baik pertemanan maupun percintaan. Dia cenderung akan benar-benar meneliti kualitas dari lawan bicara sebelum mau membuka diri lebih jauh. Meski begitu, jika berhasil menjalin suatu hubungan biasanya akan berjalin lebih kuat dan berlangsung lama.

Seorang introver akan lebih nyaman dengan dirinya sendiri. (Thinkstockphotos)

Oh iya, perlu diketahui pula bahwa bersosialisasi dengan orang lain dapat membuat seorang introver nggak nyaman dan kewalahan seperti ditulis laman Idntimes (30/7/2017). Jika berlangsung dalam waktu yang lama, hal itu juga bisa berpengaruh pada kondisi fisiknya seperti merasa sesak napas. Karena itulah seorang introver akan merasa lebih nyaman dan terbiasa dengan dirinya sendiri.

Fyi, seorang introver biasanya juga mengalami kesulitan untuk mengolah kata menjadi suatu kalimat yang baik. Nggak heran kalau dia akan lebih banyak diam dan hanya bicara jika ditanya saja terutama jika berhadapan dengan orang yang nggak benar-benar dia kenal.

Nah, sudah paham kan jika diamnya seorang introver bukanlah tanpa alasan? Di balik kecanggungannya, ada suatu kelebihan yang menjadi daya tarik. Yap, siapa bilang menjadi seorang introver itu membosankan? (IB10/E04)