Ini Alasan Adanya Tradisi Mengirim Parsel Menjelang Lebaran

Ini Alasan Adanya Tradisi Mengirim Parsel Menjelang Lebaran
Ilustrasi parsel. (Entrepreneurhub)

Menjelang Lebaran, masyarakat Indonesia beramai-ramai mengirim dan bertukar parsel dengan kerabat dan koleganya. Apa sih tujuannya?

Inibaru.id – Selain belanja baju baru, masyarakat Indonesia sudah terbiasa mengirim dan bertukar parsel menjelang Lebaran. Parsel itu diberikan kepada keluarga, kerabat, kolega, bahkan karyawan di kantor. Beberapa di antaranya ada yang membuat parsel secara mandiri, sebagian yang lain langsung membeli di toko-toko terdekat.

Berbicara soal parsel, bingkisan hadiah ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Perancis. Saat itu, parsel dirangkai di keranjang anyaman. Tradisi itu kemudian semakin berkembang pada abad ke-11 di Inggris yang menjadikan parsel sebagai budaya membawakan makanan dan minuman untuk diberikan ke orang lain.

Nah, kebudayaan ini sampai ke Tanah Air. Parsel selalu diberikan menjelang perayaan hari raya, khususnya saat Idulfitri dan Natal. Namun sebenarnya, ada beberapa alasan mengapa seseorang saling bertukar parsel.

Alasan pertama, bertukar parsel termasuk sebuah tradisi untuk saling berbagi. Yap, saat Ramadan banyak orang yang berlomba-lomba untuk saling memberi, salah satunya parsel Lebaran. Nggak perlu parsel yang berbentuk besar. Asal isinya bermanfaat, apapun bisa dijadikan parsel Lebaran.

Di beberapa daerah, orang-orang lebih memilih untuk memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) dalam bentuk parsel. Yap, parsel bisa jadi pengganti THR. Hal ini dilakukan agar nominal THR yang diberikan nggak terlihat jelas sehingga nggak ada kesan terlalu sedikit dan dirasa pantas.

Selain kedua alasan itu, memberi parsel saat Lebaran juga berfungsi sebagai ucapan Lebaran, rasa terima kasih, dan permohonan maaf. Eits, tapi jangan sampai mengartikan parsel adalah suap ya. Jika memang parsel diberikan secara tulus dan ikhlas tanpa mengharap imbalan, barang ini dapat memberikan keberkahan untuk si pemberi.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengapa seseorang memberikan parsel saat Lebaran. Sobat Millens sudah dapat parsel di Lebaran kali ini? (IB07/E04)