Ini Alasan Mengapa Kucing Suka Masuk Kotak

Ini Alasan Mengapa Kucing Suka Masuk Kotak
Kucing suka masuk dalam kotak. Apa alasannya, ya? (Flickr/ Robert Tucker)

Kamu pasti pernah melihat kucing suka masuk kotak seperti kotak sepatu, kardus, dan lain-lain. Apa saja, ya alasannya?

Inibaru.id – Kamu punya kucing di rumah? Pasti kamu pernah deh melihat kucingmu masuk ke kotak sepatu atau kardus-kardus lainnya seperti sedang bermain rumah-rumahan. Nah, hal ini ternyata terjadi pada hampir semua kucing di seluruh dunia. Apa ya yang bikin kucing suka masuk kotak?

Nggak hanya kucing rumahan lo, kucing-kucing besar nan liar macam singa atau harimau kalau kamu sediakan kardus besar juga mereka bakal tertarik masuk ke dalamnya. Yang menarik, nggak harus berbentuk kotak box, terkadang kalau kamu membuat gambar kotak di lantai dengan lakban, kucing juga bakal masuk di dalamnya. Hal ini ternyata sempat bikin para ilmuwan penasaran mencari alasannya.

Jadi, para peneliti yang berasal dari City University of New York (CUNY) melakukan penelitian terkait hal ini bersama dengan para ahli dari Perguruan Tinggi Psikologi dan Kesehatan Masyarakat Australia. Hasil penelitian ini kemudian diberi nama “If I Fits, I sits: A Citizen Science Investigation into Illusory Contour Susceptibility in a Domestic Cat.” Omong-omong, penelitian ini ada di jurnal berjudul Elveseir Applied Animal Behaviour yang terbit pada 30 April 2021 lalu.

Menurut salah seorang peneliti Gabriella Smith, kucing-kucing yang diteliti di rumah saja. Alasannya karena kucing akan lebih nyaman di rumahnya sendiri sekaligus kondisi pandemi Covid-19. Kucing-kucing ini disediakan tiga benda, yakni kotak yang dibuat dengan lem temple, ilusi Kanizsa berupa stiker berbentuk mirip Pac Man yang membuat sisi dalamnya berbentuk kotak, dan Control berupa ilusi Kanizsa hanya Pac Man-nya menghadap ke luar sehingga nggak ada bentuk kotaknya sama sekali.

Ada alasan mengapa kucing suka masuk kotak. (Flickr/Robert Couse-Baker)
Ada alasan mengapa kucing suka masuk kotak. (Flickr/Robert Couse-Baker)

Hasilnya adalah, seluruh kucing lebih suka dengan kotak yang ditempel dengan lem dan Ilusi Kanizsa yang membentuk kotak. Ilusi Kanizsa yang nggak membentuk kotak sama sekali nggak dilirik kucing.

Kalau menurut Gabriella, ada kemungkinan kucing berevolusi untuk mempelajari lingkungannya, termasuk bentuk kotak. Kebetulan, kucing memang memiliki kecenderungan tertarik dengan objek 2D tertentu, khususnya yang membuat ilusi dengan bentuk kotak.

Sayangnya, dari penelitian yang dilakukan selama enam hari ini, hanya lima menit uji coba yang berhasil dilakukan.Dari 500 kucing dan pemiliknya yang diminta berpartisipasi, hanya 30 yang mampu menyelesaikan tugas-tugas yang diminta. Jumlah ini dianggap kurang untuk memastikan ketertarikan kucing terhadap ilusi dengan bentuk kotak.

“Mungkin (ketertarikan kucing dengan kotak) ada kaitanya dengan mempelajari lingkungan. Hal ini miirp dengan kebiasaan manusia yang mampu mempelajari pohon serta jurang sehingga nggak akan mudah terbentur atau jatuh ke jurang," terang Gabriella.

Jadi, bisa dikatakan, kotak bagi kucing adalah sesuatu yang nyaman sehingga mereka pun memilih untuk masuk ke dalamnya dan bisa bertahan di sana dalam waktu yang lama.

Menarik, ya Millens. Kalau kamu punya kucing, apa kucingmu juga sering masuk ke dalam kotak, nih? (Vic/IB09/E05)