Ini Alasan Kenapa Kucing Doyan Banget Makan Ikan

Ini Alasan Kenapa Kucing Doyan Banget Makan Ikan
Kenapa kucing suka makan ikan? (Inibaru.id)

Kucing nggak segan-segan untuk mencuri ikan untuk makan. Tapi kamu tau nggak sih alasan mereka sangat terobsesi dengan ikan?

Inibaru.id - Kucing mungkin akan pilih-pilih soal makan. Tapi kalau kamu menyodorkan ikan, kucing mana sih yang mampu menolaknya? Saking obsesinya, mereka bahkan rela mencuri ikan di meja makan tuannya.

Aroma ikan yang pekat dan menyengat bagi manusia ini sangat menarik hidung kucing. Apalagi sebagai hewan karnivora, kucing bakal tertarik dengan makanan yang kaya akan protein, omega-3, taurin, dan nutrisi lainnya yang penting bagi kucing.

Tampaknya, kebiasaan kucing memakan ikan ini berawal dari masyarakat Mesir. Menurut catatan sejarah, mereka akan mengundang kucing agar datang ke rumah dengan menawarkan ikan.

Pada dasarnya, kucing merupakan hewan oportunistik dan mereka telah berada di sekitar manusia selama ribuan tahun dengan mengais sisa makanan manusia. Namun pemberian ini dipercaya sebagai upaya mengembangkan selera kucing.

Domestifikasi kucing sebenarnya dimulai di gurun Timur Tengah 10.000 tahun lalu. Jadi kebiasaan kucing makan ikan adalah terkait dengan seleksi alam atau evolusi bersama.

Kenapa Kucing Butuh Ikan?

Apa sih kandungan ikan? (Pixabay)
Apa sih kandungan ikan? (Pixabay)

Sebagai karnivora, kucing butuh makan daging sebagai sumber makanan utama. Mereka juga nggak membutuhkan banyak karbohidrat dalam makanannya. Mereka juga nggak bisa sembarangan makan sayur, buah atau biji-bijian, Millens!

Jadi, kucing membutuhkan makanan yang mengandung taurin berkonsentrasi tinggi yang sering ditemukan di otot, jantung, dan hati hewan. Ikan merupakan hewan yang mengandung taurin. Kandungan ini yang membantu mengatur ritme jantung, pencernaan, reproduksi, dan penglihatan kucing.

Nah, ikan adalah sumber makanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan taurin mereka. Mereka dapat berburu ikan di darat bahkan di perairan karena mereka juga perenang yang baik. Jadi hati-hati ya jika kamu punya ikan di akuarium!

Jenis Ikan yang Baik untuk Kucing

Kalau nggak mau ribet beri mereka ikan kalengan saja. (Run Eat Repeat)
Kalau nggak mau ribet beri mereka ikan kalengan saja. (Run Eat Repeat)

Sebelum memberi ikan pada peliharaan kesayanganmu ini, perhatikan kualitas ikan, proses memasak, dan kuantitasnya. Beberapa ikan mengandung merkuri yang berbahaya.

Memberi mereka terlalu banyak ikan juga dapat menyebabkan hipertiroidisme dan Infeksi Saluran Kemih (ISK). Beri kucing ikan nggak lebih dari 2 kali dalam seminggu ya!

Oh ya, beri kucingmu ikan dengan lemak rendah seperti tuna, salmon, trout, herring, atau sarden. Makanan ini kaya protein dan taurin dan akan memberi kucingmu nutrisi sehat dalam bentuk yang dapat dicerna dengan mudah.

Hindari memberi merek ikan yang baru ditangkap. Memberi mereka ikan mentah juga tidak disarankan dalam jumlah yang banyak. Lebih baik masaklah ikan dengan cara dipanggang atau direbus.

Namun kalau nggak suka ribet, kamu juga bisa memberi mereka ikan kalengan yang khusus untuk makanan kucing ya!

Jadi itulah mengapa kucing menjadi sangat terobsesi makan ikan. Semoga menjawab rasa penasaranmu, Millens! (Kom/IB27/E05)