Ini Alasan Barongsai Nggak Pernah Absen saat Imlek

Setiap perayaan Imlek mungkin kamu sering menemukan pertunjukan barongsai di sejumlah tempat. Namun, kamu tahu nggak sih kenapa ada barongsai pada perayaan itu? Yuk simak video dan penjelasan di bawah ini.


Inibaru.id - Semenjak perayaan Imlek resmi diizinkan pemerintah pada 2001 silam, ada beberapa pertunjukan yang turut mewarnai perayaan tahun baru warga "keturunan" itu. Salah satu pertunjukan yang nggak pernah absen saat perayaan itu adalah barongsai.

Bila dirunut dari sejarahnya, barongsai memang lekat dengan Imlek. Herry Chandra Irawan, salah seorang pemerhati barongsai di Semarang, mengungkapkan dulu di Tiongkok ada hewan yang sering muncul saat mendekati pergantian tahun. Hewan itu kemudian dinamakan Nian yang berarti tahun.

Salah seorang tukang kayu saat itu berinisiatif untuk membuat boneka dari kayu yang menyerupai binatang nian. Setelah itu, setiap tahun binatang nian nggak muncul lagi di desa.

Nah, sejak saat itu, kerajinan itu dimainkan para atlet bela diri (shaolin) saat menjelang pergantian tahun dengan harapan untuk diberi keselamatan dan perlindungan. Kesenian itu pun masuk ke Indonesia dan dijuluki barongsai. Wah, ternyata barongsai dan Imlek mempunyai sejarah yang panjang ya, Millens. Hayo, siapa yang suka nonton barongsai? (IF)