Ini 6 Manfaat Bermain Catur yang Perlu Kamu Tahu

Ini 6 Manfaat Bermain Catur yang Perlu Kamu Tahu
Bermain catur. (technobuffalo.com)

Meski sulit, olahraga yang digemari cukup banyak orang ini ternyata memberikan banyak manfaat kesehatan, lo. Berikut adalah manfaat-manfaat tersebut.

Inibaru.id – Salah satu olahraga yang cukup digemari banyak orang adalah catur. Meski menguras pikiran, memainkan catur adalah hal yang sangat seru untuk dilakukan. Nggak disangka, ternyata ada banyak sekali manfaat lain yang bisa didapatkan dari bermain catur.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari bermain catur.

Melatih Konsentrasi

Bermain catur melatih konsentrasi. (premierchesscoaching.com)
Bermain catur melatih konsentrasi. (premierchesscoaching.com)

Salah satu jenis olahraga yang paling efektif untuk melatih konsentrasi adalah bermain catur. Hal ini disebabkan oleh otak yang harus mengolah taktik dan strategi setiap kali memindahkan bidak catur. Bahkan saking fokusnya, pemain catur biasanya nggak begitu memperhatikan situasi sekitar.

Mencegah Alzheimer

Catur mencegah alzheimer. (usedyorkcity.com)
Catur mencegah alzheimer. (usedyorkcity.com)

Alzheimer yang biasanya menyerang banyak lansia ini memicu gangguan daya ingat yang sangat parah. Pakar kesehatan menyebut rutin bermain catur bisa mencegah kedatangan penyakit degeneratif ini karena otak pemainnya yang terlatih untuk berpikir dan berkonsentrasi. Bermain catur bisa mencegah penyusutan otak dengan efektif dan membuat risiko terkena Alzheimer bisa diturunkan dengan signifikan.

Membuat IQ Semakin Meningkat

Catur melatih IQ. (gameonfamily.com)
Catur melatih IQ. (gameonfamily.com)

Ternyata, ada penelitian yang sudah membuktikan bahwa rutin bermain catur bisa meningkatkan Intelectual Questions (IQ), lo. Ini disebabkan oleh kemampuannya dalam membuat konsentrasi meningkat dan terlatih dalam menyusun taktik permainan. Bermain catur membuat daya kognitif otak semakin membaik dan berdampak positif bagi IQ, khususnya pada anak-anak.

Terlatih Dalam Memecahkan Masalah

Catur bisa membantu melatih penyelesaian masalah. (thearticle.com)<br>
Catur bisa membantu melatih penyelesaian masalah. (thearticle.com)

Setiap kali menggerakkan bidak catur, kamu akan dihadapkan pada masalah yang berbeda-beda demi memenangkan permainan. Otak pun akan berusaha untuk menyusun strategi dan taktik demi memecahkan masalah tersebut. Hal ini ternyata bisa melatihmu untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari lo.

Membantu Melatih Kesabaran

Catur melatih kesabaran. (chess24.com)
Catur melatih kesabaran. (chess24.com)

Nggak hanya memancing, ternyata olahraga catur juga bisa melatih kesabaran. Hal ini disebabkan oleh durasi memainkannya yang bisa menghabiskan waktu yang sangat lama. Selain itu, kamu juga harus menjaga konsentrasi dalam level yang cukup tinggi selama memainkannya.

Mengisi Waktu Luang

Bermain catur di waktu luang. (unsplash.com)
Bermain catur di waktu luang. (unsplash.com)

Alih-alih menghabiskan waktu luang dengan hal yang kurang bermanfaat, bermain catur akan jauh lebih baik. Selain seru, hal ini bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan sosial.

Millens suka bermain catur nggak nih? (IB09/E06)