Ini 5 Tanda Kamu Bakal Diterima Usai Wawancara Kerja

Ini 5 Tanda Kamu Bakal Diterima Usai Wawancara Kerja
Ilustrasi wawancara kerja. (Shutterstock)

Gelagat pewawancara saat kamu melakukan wawancara kerja bisa menandakan keputusan yang akan dia ambil, lo. Berikut tanda-tanda kamu bakal diterima bekerja di perusahaan itu.

Inibaru.id – Deg-degan dan galau biasa dialami orang yang habis melakukan wawancara kerja. Maklum saja, para pencari kerja berharap akan diterima sehingga takut mendengar pengumuman itu. Eits, tapi sebenarnya kamu bisa memperkirakan hasil wawancara kerja dengan melihat tanda-tanda berikut, Millens.

Wawancara Nyaman dan Berlangsung Lama

Proses wawancara normalnya berlangsung selama 30 menit. Namun, bila wawancara berlangsung lebih lama, cair, komunikatif, dan obrolan berlangsung santai, ini bisa jadi pertanda kemungkinanmu diterima sangat besar. Apalagi kalau wajah interviewer sangat antusias dan gembira setiap mendengar jawabanmu, bisa jadi perusahaan tersebut tertarik denganmu.

Interviewer Menikmati Obrolan

Tanda-tanda kamu bakal diterima juga terlihat dari gelagat interviewer atau pewawancara. Bila pewawancara terliat menikmati obrolan denganmu, itu bisa menandakan kamu bakal diterima kerja. 

Interviewer Mengajakmu Tur Keliling Kantor

Nggak mungkin seorang interviewer memberimu kesempatan berkeliling kantor bersamanya kalau bukan karena mereka tertarik denganmu. Kalau sudah begini, kamu hanya tinggal menunggu pengumuman resminya saja. Wah!

Interviewer Menjelaskan Sistem Kerja

Kalau nggak diajak berkeliling kantor secara cuma-cuma, sinyal lain kamu diterima kerja adalah interviewer menjelaskan tentang jam kerja dan sistem yang biasa mereka terapkan di sana. Penjelasan itu bertujuan supaya kamu bisa mengenal lebih dulu bagaimana cara kerja dan situasi yang akan kamu hadapi di perusahaan.

Interviewer Menanyakan Kapan Kamu Bisa Mulai Bekerja

Tanda lain kamu diterima kerja yakni kalau di akhir wawancara interviewer tiba-tiba menanyakan kapan kamu bisa mulai bekerja. Ini menandakan kamu sudah memenuhi syarat yang mereka ajukan. Bila ditanya begitu, jangan terlalu lama berpikir, langsung saja tentukan tanggal dan berikan alasannya. Kesiapan itu bisa membuat interviewer makin yakin padamu.

Nah, itulah beberapa tanda kamu bakal diterima kerja saat tes wawancara. Hal yang paling penting adalah persiapkan semua dengan matang dan jangan lupa berdoa ya, Millens. (IB07/E04)