Ingin Umur Panjang? Tinggal Saja di Kota Ini

Ingin Umur Panjang? Tinggal Saja di Kota Ini
Banyak lansia panjang umur di sebuah kota di Indonesia. (Flickr/ feriansyah)

Ada sebuah kota di Indonesia dengan angka harapan hidup terbaik di Indonesia. Banyak orang panjang umur di sini. Di mana ya?

Inibaru.id – Siapa sih yang nggak ingin berumur panjang? Kalau bisa selain panjang umur, orang pasti pengin sehat jiwa dan raga. Di Indonesia, ada lo kota yang banyak penduduknya panjang umur. Di manakah kota itu?

Kalau kamu menebak Yogyakarta, kamu benar, Millens. Kota ini memang jadi idaman banyak orang untuk dijadikan tempat tinggal. Nggak hanya sudut-sudut kotanya yang romantis, banyak orang yang merasa kota ini bisa membuat kesehatan mental membaik. Mental yang sehat berpengaruh besar pada panjang umurnya seseorang.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) pada Desember 2019 lalu, jumlah orang lanjut usia (lansia) di Yogyakarta adalah 14,5 persen. Jika dihitung dari total penduduknya yang sebanyak 3,8 jut orang, maka Lansia di Yogyakarta mencapai 557 ribu jiwa!

Angka harapan hidup di Yogyakarta tertinggi di Indonesia. (Flickr/

Emma Thomas)
Angka harapan hidup di Yogyakarta tertinggi di Indonesia. (Flickr/ Emma Thomas)

Data lain yang diungkap dalam Angka Harapan Hidup (AHH) 2019 juga mengungkap sisi positif lainnya, yakni menempatkan Yogyakarta di posisi terbaik se-Indonesia. Angka ini bahkan berlaku di semua gender, baik itu laki-laki ataupun perempuan.  Jadi gini Millens, bagi kaum Adam, angka harapan hidupnya itu mencapai 73,13 tahun. Sementara itu, untuk kaum perempuan, angkanya mencapai 76,76 tahun.

AHH ini jauh lebih tinggi dari rata-rata Indonesia berupa 73,33 tahun untuk kaum Hawa dan 69,44 tahun untuk kaum laki-laki. Hal ini berarti, banyak orang di Yogyakarta yang bisa hidup hingga usia 76 tahun!

Mantan Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek menyebut ada dua hal yang membuat angka harapan hidup warga Yogyakarta tinggi, yakni budaya serta gaya hidupnya. Kecenderungan warga Yogyakarta yang kalem, tenang, dan nerimo ing pandum mempengaruhi kesehatan mentalnya. Banyak warga Yogyakarta yang juga menerapkan gaya hidup sehat, baik itu dalam hal pola makan, keaktifan gerak tubuh, atau mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Wah, ternyata angka harapan hidup di Yogyakarta cukup tinggi ya, Millens. Kalau kamu, apakah juga tertarik untuk tinggal di Yogyakarta atau lebih suka dengan daerah lain yang bisa mendukung kesehatan mental dengan lebih baik? (Det/IB09/E05)