Ingin Sepatu Kulitmu Tetap Awet? Ini Caranya

Ingin Sepatu Kulitmu Tetap Awet? Ini Caranya
Cara merawat sepatu kulit. (Rawpixel)

Selain nyaman di kaki, sepatu kulit akan menunjang panampilanmu di acara formal. Agar sepatu kulit mahalmu nggak cepat rusak, perhatikan beberapa tips berikut.

Inibaru.id – Nggak seperti sepatu pada umumnya, sepatu berbahan kulit membutuhkan perawatan yang tepat agar lebih awet. Baik sepatu yang memakai kulit sintesis maupun kulit asli, keduanya rentan mengalami pengelupasan pada bagian permukaan. 

Perlu kamu ketahui, kerusakan pada bagian permukaan sepatu kulit bisa disebabkan beberapa faktor. Faktor itu di antaranya paparan sinar UV, kelembapan udara, hingga tergores. Untuk menghindarinya, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

Hindari Sinar Matahari Langsung

Hindarkan sepatu kulit dari paparan sinar matahari dalam waktu yang relatif lama. Paparan sinar matahari dapat mengurangi kelembapan sepatu sehingga lapisan kulit mudah pecah.

Perhatikan Ruang Penyimpanannya

Pastikan ada ruang untuk menyimpan sepatu kulitmu. Jangan menyimpan sepatu dengan menumpuknya bersama benda lain. Hal ini untuk menghindari adanya tekanan ataupun goresan dari benda lain yang bisa membuat kulit sepatu terkelupas.

Jangan Simpan di Plastik

Jangan menyimpan sepatu di dalam plastik. Saat disimpan di dalam plastik, sirkulasi udara terbatas dan kelembapan pun makin tinggi. Hal itu mengakibatkan kulit sepatu lebih mudah berjamur dan mengelupas.

Kardus Berventilasi

Simpan sepatu kulitmu dalam kardus yang memiliki lubang ventilasi. Cara ini menghindarkan sepatu dari debu tapi tetap mendapatkan cukup udara.

Gunakan Silica Gel

Silica gel dapat menyelamatkan sepatu kulit dari udara yang lembap walau disimpan dalam waktu yang lama.

Gimana, cukup mudah, kan? Pemilik sepatu kulit memang mesti lebih telaten ya, Millens. (MG23/E04)