Butuh Ketenangan Haqiqi? Coba Terapkan Cinta Altruisme Ini

Butuh Ketenangan <em>Haqiqi</em>? Coba Terapkan Cinta Altruisme Ini
Cinta altruisme akan membawa ketenangan buatmu. (Huffingtonpost.com)

Kamu termasuk orang yang bergerak untuk membantu orang lain tanpa mengharapkan imbalan apa nggak nih, Millens? Kalau iya, berarti kamu memiliki cinta altruisme yang kuat!

Inibaru.id - Cinta altruisme adalah suatu bentuk perhatian terhadap kesejahteraan orang lain tanpa mengharap imbalan. Mungkin terdengar nggak masuk akal. Karena yang banyak orang inginkan adalah mencintai dan dicintai.

Eh, cinta altruisme membawa dampak positif bagi jiwa lo. Kamu bakal merasa lebih tenang. Kamu bisa kok ikut mempraktikkan wujud cinta ini dengan cara-cara yang mudah. Mau tahu?

Memberi

Tindakan itu bisa dengan memberi sebuah barang kepada orang lain, baik secara langsung maupun lewat badan amal. Nggak perlu menunggu momen bencana alam atau di saat orang itu terkena musibah. Tapi bisa kapan pun dan dalam keadaan apa pun. Jika kamu merasa senang dan bahagia ketika orang lain menerima pemberianmu, kamu tengah merasakan cinta altruisme.

Menghargai Pendapat Orang Lain

Setiap orang pasti punya pendapat dan pilihan hidup masing-masing. Nggak bisa selalu sama. Karena itu, patutnya kamu harus menghargai isi pikiran mereka ya, Millens. Beda kepala tentu beda isi. Nggak perlu sampai bertikai.

Membagikan Informasi Kepada Orang Lain

Punya informasi penting jangan disimpan sendiri ya. Sudah seharusnya kamu membaginya dengan orang lain. Siapa tahu orang tersebut dapat terbantu dengan isi informasi tersebut. Kan kalau orang lain senang, kamu juga bakal merasa senang. Membagikan informasi juga berpotensi meluruskan pemahaman yang keliru.

Mengajarkan Ilmu

Jika kamu nggak mampu memberikan barang berharga kepada orang lain, kamu bisa kok memberikan ilmu. Meskipun nggak berbentuk materi, tapi ilmu berguna untuk menjalani hidup. Pemberian ilmu bisa di mana saja dan kapan saja, seperti di kantor, kampus, atau bisa juga seseorang yang tidak sengaja kita temui di sebuah halte bis.

Setia Kawan

Kamu bisa menyediakan waktu untuk temanmu meski dia jarang menyediakan waktu buatmu. Mendengarkannya curhat mungkin bakal membuatmu bete, tapi begitu tahu dia berhasil keluar dari masalah berkat kamu, pasti kamu juga bahagia.

Itulah 5 contoh perilaku cinta altruisme yang membawa ketenangan haqiqi. Kamu sudah seperti itu belum? Selamat mencoba! (IB28/E05)