Ingin Pintu Rezekimu Lebih Terbuka Lebar? Lakukanlah Hal-Hal Berikut Ini!

Ingin Pintu Rezekimu Lebih Terbuka Lebar? Lakukanlah Hal-Hal Berikut Ini!
Bersedekah merupakan salah satu hal yang bisa membukakan pintu rezekimu. (upperroom)

Semua orang memang sudah punya jatah rezeki masing-masing. Tapi bukan berarti kamu cuma bisa pasrah saat rezeki seret. Selain berdoa, kamu juga harus berusaha. Jika kamu mau pintu rezekimu makin terbuka lebar lakukanlah hal-hal berikut ini

Inibaru.id - Rezeki seperti pemahaman awam tahu mungkin hanya sebatas pada nominal uang saja. Namun sebetulnya maknanya nggak sesempit itu.

Mengacu pada tafsir Syekh Mutawalli Sya’rawi, rezeki adalah setiap hal yang bisa memberi manfaat bagi manusia. Jadi, dari pernyataan tersebut sudah cukup menjelaskan kalau rezeki nggak hanya sebatas uang saja. Hal bermanfaat yang telah dianugerahkan bagi manusia pun juga merupakan rezeki. Nah, berikut ini adalah tindakan yang dapat membukakan pintu rezekimu.

Istighfar dan Taubat

Penghalang rezeki adalah salah satunya segala hal yang telah diperbuat dan menghasilkan dosa. Upaya unutk melunturkan dosa tentunya dengan meminta ampunan dari Allah SWT, memperbanyak istighfar, dan taubat.

Bertakwa pada Allah

Setelah istighfar dan taubat, hal yang selanjutnya kamu lakukan adalah memperbanyak takwa kepada Allah.

Takwa merupakan perilaku melaksanakan perintah Allah kemudian menjauhi larangan-Nya. Insyallah dengan memperbanyak takwa Allah akan memperlebar pintu rezeki bagi kamu.

Bertawakal pada Allah

Dengan kamu bertawakal pada Allah maka kamu nggak akan khawatir lagi dengan rezekimu. Hidupmu akan lebih tenteram dan damai. Memasrahkan segala hal pada Allah karena kamu sudah menyandarkan penuh hidupmu kepadanya. Kalau kamu sudah melakuakn hal itu, tanpa kamu minta Allah akan membukakan pintu rezekimu

Khusyuk Beribadah

Ibadah yang khusyuk kepada Allah SWT mengibaratkan seperti menjalin komunikasi secara serius. Nggak buru-buru dan meimikirkan hal apa pun. Dengan begitu secara tidak langsung kesabaran serta fokusmu akan terlatuh dalam menghadapi sesuatu. Karena sudah tenang dan fokus menghadapi sesuatu rezeki akan datang dengan sendirinya.

Menjalin Silaturahmi

Selalu menjalin silaturahmi selain bisa lebih merekatkan hubungan kepada teman dan siapa pun juga bisa membukakan pintu rezeki bagi kamu. Lewat silaturahmi itu, siapa tahu ada temanmu yang menawarkan lowongan kerja atau membutuhkan bantuanmu untuk jadi rekan kerja. Allah juga senang dengan pribadi yang suka menjalin silaturahmi. Karena itu, Allah juga akan memperlancar segala apa yang kamu lakukan.

Meninggalkan Perbuatan Dosa

Seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama tadi. Apa yang telah kita lakukan sampai menghasilkan dosa bisa menghalagi rezekimu. Nah, mari tinggalkan perbuatan yang sekiranya bisa mendatangkan dosa itu dan mulai kembali kepada jalan yang benar.

Berbuat Baik Kepada Semua Orang

Tanpa perlu diperjelas berbuat kebaikan merupakan salah satu kunci agar pintu rezeki selalu terbuka bagimu. Jangan setengah-setengah kalau mau berbuat kebaikan dan jangan pandang bulu dalam melakukannya. Bisa siapa saja, di mana saja dan kapan saja. Maka tanpa kamu sadari jika kamu selalu berbuat kebaikan, pintu rezeki akan terbuka dengan sendirinya.

Berinfak dan Bersedekah

Berinfak dan bersedakah merupakan salah satu hal yang juga termasuk kebaikan. Namun bedanya hal ini lebih konkrit untuk memberi. Semakin banyak kamu memberi semakin banyak pula yang akan Allah beri kepadamu.

Salat Duha

Allah akan memberikan limpahan rezekinya pada orang yang berusaha di waktu duha. Selain itu salat duha akan menghindarkanmu dari perbuatan dosa dan lewat salat duha, kamu akan selalu dilindungi oleh Allah SWT.

Banyak sekali hal yang bisa membukakan pintu rezekimu bukan? Semuanya pun nggak begitu sulit untuk dilakukan. (IB28/E05)