Ingin Makan Rendang di Amerika Serikat? Berapa ya Harganya?

Ingin Makan Rendang di Amerika Serikat? Berapa ya Harganya?
Ilustrasi - Rendang di Amerika Serikat. (Twitter/all_foryu)

Nggak hanya di Indonesia, ternyata rendang dan nasi padang bisa ditemukan di Amerika Serikat, lo. Kira-kira harganya berapa, ya?

Inibaru.id – Salah satu masalah yang akan dihadapi para perantau dari Indonesia di luar negeri adalah sulitnya mencari makanan khas Indonesia. Meski banyak makanan enak, lidah orang Indonesia tentu kangen dengan rasa lezat dari makanan layaknya rendang, tempe, ayam goreng, dan lain-lain. Hal inilah yang dirasakan oleh seorang warganet pemilik akun TikTok Tatjana Syafira.

Tatjana tinggal di Colorado, Amerika Serikat. Dia ikut dalam program pertukaran pelajar. Nah, selagi di sana, dia sering mengunggah video kesehariannya di akun TikTok miliknya. Salah satu yang paling sering dia bahas adaah soal makanan.

Warganet Tatjana Syafira menceritakan tentang nasi padang di Amerika Serikat. (TikTok/tatjana.syafira)
Warganet Tatjana Syafira menceritakan tentang nasi padang di Amerika Serikat. (TikTok/tatjana.syafira)

Contohnya, nih, Millens, pada Oktober 2020 lalu, Tatjana bikin video berjudul “Bandingin barang2 di Indo sama US.” Dalam video ini, dia bercerita kalau host family tempat dia tinggal membelikan beras untuk kebutuhan makannya. Beras yang dibelikan berjenis Jasmine Rice. Harganya cukup mahal, yakni 16 Dollar AS atau sekitar Rp 236 ribu.

“Kalau di Indo, Rp 150 ribu aja udah dapet 10 kilogram,” cerita Tatjana.

Jasmine juga menceritakan tentang harga tempe di sana. Ternyata, untuk tempe 8 ons atau sekitar 226 gram, harganya mencapai 26 Dollar AS atau sekitar Rp 400 ribuan! Nggak bisa makan tempe tiap hari seperti di sini, deh.

Untungnya, Tatjana masih bisa mencari makanan idola semua umat di Indonesia, nasi padang. Dia menemukannya di restoran bernama Indocafe di Seattle. Harganya 12 Dollar AS atau sekitar Rp 170 ribu! Ada juga menu lain, yakni nasi dengan ayam goreng, tahu tempe goreng, dan sambal yang harganya 10 Dollar AS atau sekitar Rp 150 ribu.

Nasi Padang. (Instagram/afterworking)
Nasi Padang. (Instagram/afterworking)

Soal rasa, Tatjana bercerita kalau rendang paling enak dengan lauk paling lengkap di Amerika Serikat ada di restoran Simpang Asia yang ada di Los Angeles. Tapu, harganya juga cukup mahal, yakni 16 Dollar AS atau sekitar Rp 200 ribu!

Mahalnya harga makanan khas Indonesia di Amerika Serikat sebenarnya bisa dimengerti mengingat bahan-bahannya juga mahal. Ada juga rempah yang harus diimpor dari Indonesia atau negara lain.

Jadi, ke depannya mungkin sebaiknya bawa bahan makanan khas Indonesia sendiri kalau ke luar negeri ya, Millens. Biar ngirit, hehe. (Det/IB09/E05)