Ingin Kerja Digaji Tinggi Usai Lulus? Jangan Sampai Pilih Jurusan Kuliah Ini

Ingin Kerja Digaji Tinggi Usai Lulus? Jangan Sampai Pilih Jurusan Kuliah Ini
Ilustrasi: Salah pilih jurusan kuliah. (Inibaru.id/ Gregorius Manurung)

Sejumlah jurusan kuliah memang terlihat keren. Hanya, kalau kamu salah pilih jurusan kuliah, bisa jadi kamu akan bekerja dengan gaji yang kurang memuaskan. Apa saja ya jurusan-jurusan yang "kurang menjanjikan" tersebut.

Inibaru.id – Salah satu harapan setiap mahasiswa usai lulus kuliah adalah mendapatkan gaji tinggi. Maklum, mereka sudah lelah kuliah bertahun-tahun, lengkap dengan beratnya skripsi atau berhadapan dengan dosen killer. Sayangnya, terkadang harapan tinggallah harapan, apalagi jika sampai mereka salah pilih jurusan kuliah.

Beneran lo, Millens, kuliah sebenarnya nggak menjamin kamu langsung dapat pekerjaan. Banyak lulusan S1 yang mengeluhkan gaji saat bekerja bahkan bisa jadi kalah dengan mereka yang lulusan Sekolah Menengah Atas. Ya, memang masih seperti ini dinamika dunia kerja Indonesia.

Kalau kamu belum kuliah dan ingin melanjutkan pendidikan tinggi dengan harapan nantinya digaji tinggi usai lulus, sebaiknya pikir-pikir lagi deh kalau mau pilih jurusan kuliah ini.

1. Seni Musik

Kalau kamu memang dasarnya berbakat di dunia seni musik, masuk jurusan ini sih sah-sah saja, ya. Apalagi jika sudah berkecimpung di dunia ini sejak kecil. Nantinya, ilmu bermusik kamu meningkat dan akhirnya karya kamu laris-manis di pasaran.

Tapi, kasus ini hanya terjadi pada segelintir orang saja, Millens. Banyak lulusan kuliah jurusan seni musik, apalagi yang aslinya nggak berbakat-berbakat amat, malah akhirnya nggak bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai usai lulus.

Bahkan, bisa jadi ada orang yang aslinya berbakat namun nggak beruntung, pada akhirnya harus menggantungkan pekerjaan lain hanya untuk bisa hidup sehari-hari. Musik akhirnya hanya jadi pekerjaan atau hobi sampingan saja.

Sejumlah jurusan kuliah yang sepertinya keren bisa jadi malah kurang baik bagi karier. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Sejumlah jurusan kuliah yang sepertinya keren bisa jadi malah kurang baik bagi karier. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

2. Jurusan Seni

Mirip-mirip dengan seni musik, Millens, jurusan ini nggak bisa menjamin kamu bisa mendapatkan pekerjaan atau gaji yang layak. Percaya nggak, kalau menurut penelitian, setidaknya 19 persen lulusan jurusan seni nggak akan bisa bekerja di bidangnya karena gajinya yang nggak sesuai dengan harapan.

3. Fotografi

Sebenarnya, belakangan ini semakin banyak orang yang menggeluti dunia fotografi. Penyedia jasa fotografi juga semakin banyak. Masalahnya, hal ini membuat persaingan usaha di bidang ini juga semakin berat. Apalagi, fotografi sebenarnya juga bisa dipelajari secara otodidak.

Ditambah dengan semakin mudahnya mengambil foto bagus lewat kamera dan aplikasi-aplikasi tertentu, kini semakin banyak orang yang “meremehkan” profesi ini. Jadi, pada akhirnya fotografi kini seperti lebih ke hobi saja, bukannya pekerjaan.

4. Antropologi

Sebenarnya, jurusan kuliah ini nggak buruk, lo, Millens. Masalahnya, tingkat persaingannya di dunia kerja sangat tinggi. Padahal, lapangan pekerjaan di jurusan ini cenderung sempit. Pada akhirnya, banyak lulusan jurusan antropologi yang harus rela bekerja di bidang lain dengan gaji yang nggak besar.

5. Jurusan Ilmu Olahraga

Kalau kamu memang sudah punya bakat jadi atlet atau sudah merintisnya sejak kecil, jurusan ini bakal cocok untuk kariermu. Kalau nggak, ada kemungkinan kamu nggak bisa bekerja di bidang ini atau mendapatkan gaji layak. Maklum, persaingan jadi guru olahraga itu sulit. Klub-klub olah raga di Indonesia juga nggak banyak, kan, Millens?

Nah, itu tadi daftar jurusan kuliah yang bisa jadi kurang baik untuk kariermu. Jangan sampai salah pilih jurusan kuliah, ya, Millens. (Det/IB09/E05)