Ingin Dapatkan Beasiswa Kuliah di Korea? Baca Ini Dulu

Ingin Dapatkan Beasiswa Kuliah di Korea? Baca Ini Dulu
Ilustrasi - Mendapatkan beasiswa dan kuliah di Korea Selatan. (Flickr/ITU Pictures)

Banyak anak muda yang ingin mendapatkan beasiswa dan kuliah di Korea Selatan. Kalau kamu adalah satunya, yuk simak berbagai tips dan informasi terkait hal itu di sini.

Inibaru.id – Anak muda Indonesia semakin banyak yang menggilai dunia K-Pop. Nggak hanya menikmati drama, film, atau musiknya, kini banyak anak muda yang juga ingin pergi ke Korea Selatan baik itu untuk berwisata atau malah bersekolah di sana. Tapi, kamu tahu nggak sih cara agar bisa kuliah di sana?

Situs studyinkorea.go.kr ternyata membuka informasi terkait hal ini Millens. Ternyata, ada lo beasiswa dari pemerintah Korea bernama KGSP untuk Pascasarjana, Sarjana, serta Penelitian. Pemerintah Korea Selatan memang membuka kesempatan bagi mahasiswa dari berbagai penjuru dunia untuk bersekolah di sana.

Ilustrasi - Kuliah dan mendapatkan beasiswa di Korea Selatan. (Twitter/KCC_Indonesia)
Ilustrasi - Kuliah dan mendapatkan beasiswa di Korea Selatan. (Twitter/KCC_Indonesia)

Untuk program Sarjana, semua program dibuka kecuali yang membutuhkan waktu lebih dari empat tahun untuk menyelesaikannya seperti Kedokteran atau Arsitek. Sementara itu, untuk program Pascasarjana, ada persyaratan khusus. Jika biaya sekolahnya lebih dari 10 ribu US Dollar per tahun, maka mahasiswa harus mencari beasiswa tambahan demi memenuhinya. Khusus untuk program penelitian, yang mendapatkannya bisa berupa dosen pertukaran atau pasca-doktoral.

Hanya, program ini ternyata terbatas Millens. Pemerintah Korea Selatan hanya membuka 120 beasiswa bagi program sarjana serta 580 beasiswa bagi program Pascasarjana. Itupun jumlahnya bisa berubah sewaktu-waktu.

Biasanya, pengumuman pembukaan beasiswa Sarjana pada bulan September. Sementara itu, program Pascasarjana dibuka pada bulan Februari. Setelah itu, seleksi akan dilakukan setelahnya dan pengumuman untuk program Sarjana pada Januari. Sementara untuk program Pascasarjana, pengumumannya bulan Mei.

Beasiswa yang didapat mahasiswa yang lolos adalah tiket pesawat, tunjangan tempat tinggal yang dibayar satu kali sebanyak 200 ribu Korean Won (KRW), biaya hidup 800 ribu- 900 ribu KRW, biaya sekolah bahasa 800 ribu KRW, biaya kuliah maksimum 5 juta KRW per semester, tunjangan bahasa 100 ribu KRW, biaya penelitian 210 ribu hingga 240 ribu KRW, biaya tesis atau disertasi 500 ribu hingga 800 ribu KRW, asuransi kesehatan 20 ribu KRW, serta tunjangan persiapan pulang 100 ribu KRW.

Ilustrasi - Sekolah di Korea Selatan. (Flickr/

USAG- Humphreys)
Ilustrasi - Sekolah di Korea Selatan. (Flickr/ USAG- Humphreys)

Kalau kamu mau mendaftar, program sarjana maksimal berusia 25 tahun dan sudah atau akan lulus SMA. Untuk program Pascasarjana, usia maksimal 40 tahun dan telah lulus Sarjana atau Magister. Sehat jasmani dan rohani, dan memiliki IPK atau nilai rapor rata-rata 80 persen.

Kalau kamu mau mendaftar, kirimkan saja aplikasi serta berbagai dokumen ke Kedutaan Besar Korea Selatan atau Universitas yang ingin kamu daftar. Nah, kalau kamu bingung, bisa kok menghubungi kgspniied@korea.kr untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Gimana, Millens? Tertarik mencoba beasiswa ini? Siapa tahu bisa ketemu bias. He (Stu/IB09/E05)