Ingat, Ini Daftar Buah yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil

Ingat, Ini Daftar Buah yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil
Ada sejumlah buah yang sebaiknya dihindari ibu hamil. (Flickr/ Małgorzata Sulej)

Ternyata, ada lo sejumlah buah yang sebaiknya dihindari ibu hamil. Padahal, buah-buahan ini sering dianggap sehat dan baik bagi kesehatan, lo.

Inibaru.id – Setiap ibu hamil diwajibkan untuk menjaga asupan harian. Tujuannya tentu saja agar buah hati di dalam kandungan bisa tumbuh dengan baik dan sehat hingga akhirnya lahir. Nah, mereka juga sebaiknya tahu buah yang sebaiknya dihindari ibu hamil.

Sebenarnya sih ya, buah memiliki banyak nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil. Hanya, ada sejumlah buah yang sebaiknya dihindari atau setidaknya nggak dikonsumsi terlalu banyak.

Nah, biar kamu nggak bingung lagi, berikut adalah sejumlah buah yang sebaiknya nggak dikonsumsi ibu hamil untuk sementara waktu deh.

1.       Nanas

Kamu pasti pernah mendengar nanas bisa membuat keguguran, Millens? Sebenarnya sih, ya, buah ini nggak harus benar-benar dilarang bagi ibu hamil. Namun, para pakar kesehatan menyarankan ibu hamil untuk nggak berlebihan mengonsumsinya.

Nanas sebaiknya nggak dimakan berlebihan oleh ibu hamil. (Flickr/

Tatsuo Yamashita)
Nanas sebaiknya nggak dimakan berlebihan oleh ibu hamil. (Flickr/ Tatsuo Yamashita)

Kalau tetap nekat banyak makan nanas, dikhawatirkan kandungan bromelain yang cukup tinggi di dalam nanas bisa menyebabkan gangguan pada rahim. Dampaknya nggak main-main, lo, Millens. bisa jadi bakal memicu kelahiran prematur.

2.       Anggur

Sebenarnya ya, bukan masalah kandungan di dalam buah anggur yang membuatnya sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Tapi, buah petani anggur yang memakai pestisida dalam jumlah besar demi mencegah datangnya hama di perkebunan mereka. Alhasil, kulit buah ini pun terpapar pestisida dalam jumlah besar.

Anggur tinggi pestisida. (Flickr/

Andrew Malone)
Anggur tinggi pestisida. (Flickr/ Andrew Malone)

Kalau ibu hamil juga terpapar pestisida dalam jumlah besar, dikhawatirkan bakal mempengaruhi perkembangan dan kesehatan janin di dalam kandungan. Jadi, ibu hamil sebaiknya cermat dalam memilih anggur.

Jika ada anggur yang ditanam dengan cara organik atau bebas pestisida, tentu bakal jadi pilihan yang jauh lebih aman bagi ibu hamil.

3.       Nangka

Nangka sebaiknya nggak terlalu sering dikonsumsi ibu hamil. (Flickr/

neajjean)
Nangka sebaiknya nggak terlalu sering dikonsumsi ibu hamil. (Flickr/ neajjean)

Nggak ada salahnya ibu hamil makan nangka, namun nggak boleh banyak-banyak. Kalau nggak, kandungan seratnya yang terlalu tinggi bisa saja memberikan efek kurang baik bagi perut dan pencernaan. Hal ini tentu bisa membuat kondisi kesehatan ibu hamil terganggu.

Dalam beberapa kasus, ibu hamil yang mengalami masalah atau kelainan pada darahnya sebaiknya nggak sembarangan memakannya demi menghindari gangguan pembekuan darah, Millens.

4.       Jambu Biji

Jambu biji sebaiknya nggak sering dikonsumsi ibu hamil. (Flickr/

Dos Con Sentidos)
Jambu biji sebaiknya nggak sering dikonsumsi ibu hamil. (Flickr/ Dos Con Sentidos)

Larangan ibu hamil mengonsumsi jambu biji sebenarnya mirip dengan larangan mengonsumsi anggur. Alasannya karena banyak petani jambu biji yang memakai pestisida di kebunnya demi mencegah datangnya hama, Millens.

Andaipun ibu hamil ingin mengonsumsinya atau menjadikannya jus, sebaiknya dicuci hingga bersih dan mengupas kulitnya. Setidaknya, hal ini bisa menurunkan paparan pestisida pada jambu biji yang dikonsumsi, deh.

Hm, sudah tahu kan buah apa saja yang sebaiknya nggak dikonsumsi ibu hamil? (Kum/IB09)