Informasi Penting buat Anak Undip, Kuliah Semester Depan Masih Online!

Informasi Penting buat Anak Undip, Kuliah Semester Depan Masih Online!
Undip belum berani buka kuliah secara online. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Saat memimpin wisuda ke-158, Rektor Undip Prof Yos Johan Utama menyatakan kalau kuliah tatap muka belum bisa dilaksanakan. Dia menilai keadaan masih belum mendukung. Karena itu, semester depan rutinitas perkuliahan akan tetap dilakukan secara daring.

Inibaru.id - Bagi mahasiswa Universitas Diponegoro yang berharap-harap segera ingin masuk kuliah, tampaknya harus dipendam. Pasalnya, Rektor Undip Prof Yos Johan Utama saat menggelar wisuda yang ke-158 menyatakan kalau masih akan menggelar kuliah online untuk semester baru nanti.

Yos Utama berpendapat kalau keadaan juga belum mendukung untuk melakukan kuliah. Selain merujuk pada aturan Mendikbud yang meminta pihak sekolah berbagai jenjang melasanakan pembelajaran daring, Yos nggak pengin proses belajar mahasiswanya terganggu.

Kuliah secara daring ini diakui Yos Utama memang menyisakan sejumlah kendala. Terutama yang berhubungan dengan praktik.

“Untuk yang praktik kami geser tahun 2021,” ujar Yos.

Rektor Undip Yos Johan Utama menyatakan kalau kuliah semester depan masih online. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Rektor Undip Yos Johan Utama menyatakan kalau kuliah semester depan masih online. (Inibaru.id/ Audrian F)

Yos berpendapat kalau diizinkan masuk pun, nantinya mahasiswa juga belum tentu akan bisa bebas beraktivitas seperti biasanya. Padahal mereka semua sudah datang jauh-jauh dengan ongkos yang mahal. Menurutnya akan lebih bijak jika perkuliahan dilanjutkan tahun depan.

Namun meskipun nantinya kuliah akan dilakukan secara daring, Yos berkata kalau sudah akan meringankan mahasiswa yang mendapat dampak Covid-19. Untuk mendapat keringanan tersebut, mahasiswa diminta untuk melakukan sejumlah prosedur.

“Soalnya ini juga nggak bisa main-main. Pakai duit negara. Jadi kalau BPK mengecek, ini kami ada buktinya kenapa mahasiswa tersebut mendapatkan keringanan,” ujarnya.

Perkuliahan Undip sudah dilangsungkan secara online sejak Maret 2020. Begitu pula dengan upacara wisuda ke-158. Rencananya, pada periode selanjutnya wisuda akan kembali dilaksanakan secara daring.

“Untuk wisuda di bulan Agustus dan Oktober masih dilaksanakan secara daring. Sementara berkas-berkas kelulusan akan dikirim ke rumah masing-masing,” tandasnya.

Hm, buat kamu yang sudah kangen berat sama rombel kuliah, teman kos, serta tongkrongan-tongkrongan Tembalang dan sekitarnya, tampaknya harus lebih sabar lagi deh. (Audrian F/E05)