Sesuaikan Inflasi, PNS Minta Naik Gaji

Kebutuhan hidup yang terus meningkat sebagai dampak inflasi, berbanding terbalik dengan gaji PNS yang nggak juga meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Rencana kenaikan gaji para aparat sipil negara itu pun mengemuka. Kapan terealisasi?

Sesuaikan Inflasi, PNS Minta Naik Gaji
Inflasi menjadi alasan para PNS inginkan kenaikan gaji. (Asn.id)

Inibaru.id – Tiga tahun terakhir gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) nggak pernah naik. Padahal, setiap tahun angka inflasi terus meningkat. Hal ini membuat para PNS meminta besaran gaji pokoknya dinaikkan tahun depan.

Liputan6.com, Selasa (6/3/2018) menulis, Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Zudan Arif Fakhrulloh menyebutkan, gaji PNS sudah terlalu lama nggak mengalami kenaikan.

“Kenaikan gaji PNS sudah waktunya dilakukan. Sudah tiga tahunan nggak pernah naik,” tuturnya.

Menurutnya, jumlah gaji yang sekarang nggak mampu mengimbangi kenaikan inflasi. Ini membuat beban hidup PNS semakin berat. Terlebih, nggak semua PNS mendapatkan tunjangan pendukung kehidupan sehari-hari.

“Kenaikan gaji PNS tidak perlu banyak-banyak, cukup disesuaikan dengan biaya hidup PNS dan keluarganya, termasuk biaya kesehatan, biaya sekolah anak, dan lain-lain,” lanjut Zudan.

Baca juga:
Ramai-Ramai Serbu Prangko Bertemakan "Dilan 1990"
Rinto, Abang Bakso yang Berpenampilan Ala James Bond

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan adanya rencana kenaikan gaji PNS pada 2019 mendatang. Kenaikan itu bakal mengikuti kemampuan keuangan negara. Ini berarti kenaikan gaji PNS, yang sekarang biasa disebut Aparatur Sipil Negara (ASN), akan dilihat berdasarkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun depan.

Sidang Kabinet

Hingga saat ini, pemerintah masih membuat rencana kerja pemerintah (RKP) sebagai salah satu dasar penyusunan APBN, sebagaimana diungkapkan Ani, sapaan akrab Sri Mulyani.

“RKP masih dibuat. Kerangka ekonomi makro masih dibahas di sidang kabinet. Jadi, soal kenaikan gaji PNS saya belum bisa berkomentar,” tuturnya.

Secara terpisah, Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani menyatakan, kenaikan gaji PNS sudah ada mekanismenya di internal pemerintah. Pihak Kemenkeu juga masih melakukan kajian terkait hal tersebut, mengingat hal ini akan berpengaruh besar pada keuangan negara.

Direktorat Kompensasi ASN dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) mempertimbangkan untuk meminta kenaikan gaji pokok PNS pada 2019. Instansi ini sedang menyusun konsep usulan kenaikan gaji PNS dengan pertimbangan sudah lebih dari dua tahun tidak pernah mendapatkan kenaikan gaji.

Baca juga:
Efek Rumah Kaca Pilih Hengkang dari Delegasi Bekraf untuk SXSW 2018
Jual Ginjal demi Beli Ponsel untuk Anak

Direktur Kompensasi ASN Aswin Eka Adhi menyebut kenaikan gaji PNS ini bergantung pada kemampuan negara, yang akan dibahas bersama Kemenkeu di dalam forum pembahasan antar-kementerian/lembaga.

Kalau menurut Millens, apakah para PNS perlu dinaikkan gajinya? (AW/GIL)