Tempati Peringkat Kelima Dunia, Indonesia Dinilai Aman bagi Solo Traveler Perempuan

Dari 70 negara, Indonesia menduduki peringkat kelima sebagai negara yang aman untuk dikunjungi pejalan tunggal perempuan. Berikut hasil survei yang dilakukan agen perjalanan travel asal Inggris.

Tempati Peringkat Kelima Dunia, Indonesia Dinilai Aman bagi Solo Traveler Perempuan
Solo traveler perempuan. (Herpackinglist)

Inibaru.id – Saat ini, semakin banyak orang yang memilih melakukan perjalanan tunggal (solo traveling) termasuk perempuan. Ketika melakukan perjalanan tunggal, salah satu aspek yang harus dipertimbangkan adalah keamanan suatu negara atau tempat. Nah, Indonesia termasuk negara yang aman bagi pejalanan tunggal khususnya perempuan, Millens.

Belum lama ini, agen perjalanan asal Inggris Ampersand Travel merilis Wander Women Index untuk mencari negara terbaik sebagai destinasi pejalan tunggal perempuan. Indeks ini diurutkan berdasarkan faktor keamanan, hak-hak perempuan, budaya, pemandangan, petualangan, destinasi instagenik, kuliner, dan kegiatan relawan.

Berdasarkan hasil survei, Indonesia menempati peringkat kelima dari 70 negara yang masuk dalam rekomendasi itu. Indonesia menduduki posisi tersebut karena dinilai unggul dari segi budaya, pemandangan, lokasi, destinasi instagenik, keamanan, hak perempuan, dan kegiatan sosial seperti ditulis Kompas.com, Selasa (16/11/2018).

Sementara itu, peringkat empat besar didominasi negara-negara maju. Posisi pertama ditempati Jepang. Negara Sakura ini dinilai memiliki tingkat kejahatan rendah dan memiliki berbagai destinasi alam yang indah seperti gunung Fuji, Lembah Takachiho, dan Jigokudani. Setelah Jepang, Prancis menyusul di bawahnya. Selanjutnya, posisi ketiga dan keempat secara berturut-turut diduduki Spanyol dan Amerika Serikat.

Posisi keenam ditempati Italia. Setelah itu, ada Australia di posisi ketujuh, Kanada di posisi kedelapan, dan Portugal di posisi kesembilan. Negara tetangga, Filipina juga masuk dalam sepuluh besar negara yang direkomendasikan untuk pejalan tunggal perempuan.

Selain itu, ada pula negara-negara yang nggak direkomendasikan bagi pejalan tunggal perempuan. Sepuluh negara yang masuk posisi terbawah yakni Arab Saudi, Hungaria, Guatemala, Serbia, Tunisia, Tanzania, Kazakhstan, Ukraina, Mesir, Pakistan, dan terakhir Nigeria.

Indeks ini bisa kamu jadikan acuan bila pengin melakukan perjalanan tunggal, Millens. Kendati begitu, kamu tetap perlu waspada dan menjaga diri saat traveling di negara teraman sekalipun ya. (IB07/E04)