Indonesia Pastikan Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Indonesia Pastikan Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032
Perwakilan Indonesia saat menemui Presiden Komite Olimpiade Internasional. (Okezone)

Indonesia serius soal mengusulkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Kamis (16/5/2019), Wakil Presiden Jusuf Kalla menemui Presiden Komite Olimpiade Internasional untuk membahas hal ini.

Inibaru.id – Setelah dinilai sukses menyelenggarakan Asian Games dan Asian Paragames, Indonesia berseloroh ingin menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Hal ini rupanya nggak sekadar kelakar tapi pernyataan serius. Kamis (16/5/2019), Wakil Presiden Jusuf Kalla menemui Presiden Komite Olimpiade International (IOC) Thomas Bach untuk menyampaikan hal ini.

Saat itu, JK bertemu dengan Bach di Museum Komite Olimpiade Internasional yang ada di Kota Laussane, Swiss.

“Saya percaya diri Indonesia adalah salah satu kandidat kuat untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032,” ucap JK di pertemuan tersebut dilansir dari laman Antaranews, Jumat (17/5).

Melalui Komite Olimpiade Nasional Indonesia, Indonesia akan berdialog dengan IOC untuk membahas berbagai langkah dan pengaturan yang bisa dilakukan Indonesia untuk mempersiapkan kejuaraan olahraga antarnegara terbesar di dunia ini.

JK juga menyebut Indonesia selama ini telah secara aktif berpartisipasi dalam berbagai forum olahraga internasional yang dilakukan dengan mendukung prinsip sportivitas yang berlaku secara global, netral, sekaligus tidak diskriminatif. Selain itu, Indonesia juga selalu menegakkan aturan dengan baik sekaligus mendukung kesetaraan gender.

“Indonesia percaya bahwa olahraga bisa memberikan kontribusi pada perdamaian dunia,” ungkap JK.

Sebelum ini, Indonesia secara resmi mengajukan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 melalui surat yang ditandatangani Presiden Jokowi kepada President of The International Olympic Committee pada 20 September 2018 silam.

“Kami harap bisa bertemu dengan anda dalam waktu dekat untuk membahas keseriusan kami dalam menjadi tuan rumah Olimpiade 2032,” pungkas JK.

Selain Wapres, di dalam pertemuan ini juga terdapat Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar, Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad, dan Erik Thohir serta Muhammad Luthfi.

Millens setuju nggak kalau Olimpiade 2032 nanti diadakan di Indonesia? (IB09/E04)