Indonesia Nggak Lagi Jadi Negara Muslim Terbesar di Dunia, Apa Penyebabnya?

Indonesia Nggak Lagi Jadi Negara Muslim Terbesar di Dunia, Apa Penyebabnya?
Pada 2050, diperkirakan Indonesia nggak lagi jadi negara muslim terbesar di dunia. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Status negara muslim terbesar di dunia sepertinya bakal nggak lagi dipegang Indonesia. India, negara dengan penduduk mayoritas beragama Hindu bakal menjadi pemegang status tersebut. Kok bisa?

Inibaru.id – Meski lokasinya jauh dari negara-negara Arab yang mayoritas beragama Islam, Indonesia justru dikenal sebagai negara muslim terbesar di dunia. Hal ini disebabkan oleh jumlah orang yang memeluk agama Islam di Indonesia sangatlah banyak. Jauh lebih banyak dari yang ada di setiap negara di jazirah Arab.

Diperkirakan, 229 juta orang Indonesia adalah penganut agama Islam. Jumlah ini mencapai 87,2 persen dari total populasi Tanah Air atau 13 persen dari total populasi Muslim di seluruh dunia.

Tapi, diperkirakan status negara Muslim terbesar di dunia ini nggak akan lagi dipegang oleh Indonesia. Status ini bakal direbut oleh India, negara yang justru dikenal lebih identik dengan agama Hindu. Apa penyebabnya ya?

Pertambahan jumlah muslim di Indonesia kalah cepat dari India. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Pertambahan jumlah muslim di Indonesia kalah cepat dari India. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Lembaga penelitian Pew Research Center mengungkap fakta bahwa pada 2050, India bakal jadi negara muslim terbesar di dunia sekaligus negara dengan jumlah pemeluk agama Hindu terbanyak di dunia. Hal ini disebabkan oleh laju pertambahan penduduk di negara tersebut yang sangat cepat.

Pada 2010 lalu, 94 persen pemeluk Hindu di dunia tinggal di India. Angka ini sepertinya akan tetap bertahan pada 2050. Nah pada 2050 nanti, diperkirakan India akan memiliki 311 juta penduduk yang menganut Islam. Jumlah ini setara dengan 11 persen dari total jumlah Muslim di seluruh dunia.

“Diperkirakan, jumlah muslim di India akan tumbuh lebih cepat dari penganut Hindu. Penyebabnya, usia rata-rata muslim sekarang lebih muda. Tingkat kesuburannya juga lebih tinggi dari penganut agama lain di India,” terang laporan tersebut.

Rata-rata anak muslim di India jauh lebih banyak dari anak beragama lain. (Inibaru.id/ Rafida Azzundhani)
Rata-rata anak muslim di India jauh lebih banyak dari anak beragama lain. (Inibaru.id/ Rafida Azzundhani)

Sebagai informasi, nih Millens. Rata-rata, perempuan muslim memiliki 3,2 anak di India. Sementara itu, perempuan Hindu rata-rata memiliki 2,5 anak, sedangkan perempuan Kristen rata-rata hanya memiliki 2,3 anak.

Meski jumlah muslim di India sangatlah banyak, mereka dianggap sebagai minoritas yang kerap mengalami diskriminasi dalam hal pekerjaan, pendidikan, atau bahkan dalam hal tempat tinggal. Kasus diskriminasi bahkan semakin tinggi dalam beberapa tahun terakhir.

Kamu bakal sedih nggak Millens kalau status negara muslim terbesar di dunia nggak lagi dipegang Indonesia? Atau kamu justru nggak begitu mempermasalahkan status banyak-banyakan jumlah seperti ini, nih? (Rep/IB09/E05)