Kontingen Indonesia Dulang 8 Emas dari Pencak Silat

Kontingen Indonesia Dulang 8 Emas dari Pencak Silat
Puspa Arum Sari menyabet medali emas dari nomor womens' single pada Asian Games 2018. (Antara Foto/Inasgoc/Malvinas Priananda)

Indonesia dapat sumbangan delapan medali emas dari cabang Pencak Silat. Dengan tambahan emas itu, Indonesia sudah mengoleksi 20 emas hingga Senin (27/8/2018) sore.

Inibaru.id – Cabang olahraga pencak silat menyumbang delapan medali emas untuk kontingen Indonesia. Dengan tambahan itu, Indonesia total mengoleksi 20 medali emas hingga Senin (27/8/2018) sore. Perolehan tersebut membuat Indonesia naik ke peringkat empat sekaligus menjauhkan poin dari Iran yang sempat merebut posisi keempat.

Medali emas pertama dari pencak silat disumbangkan Puspa Arumsari dari nomor seni perorangan putri pada Senin (27/8) pukul 09.00 WIB.

Beberapa menit setelahnya, Pasangan Jampil-Hendy juga memenangkan pertandingan final pada nomor seni berpasangan putra.

"Pada SEA Games 2017, kami sempat kecewa. Setelah itu kami sepakat untuk merombak gerakan," tutur Hendy dilansir BolaSport.com, Senin (27/8).

Selang beberapa jam, medali emas ketiga dari cabang pencak silat dipersembahkan Nugraha, Asep Yuldan Sani, dan Anggi Faisal Mubarok dalam nomor seni beregu putra Asian Games 2018.

Aksi ketiga pesilat Indonesia tersebut meraih skor 465 poin. SKor itu mengungguli Vietnam yang hanya meraih 450 dan Thailand 448.

Sementara itu, medali emas keempat dari pencak silat sekaligus medali emas ke-16 bagi Indonesia disumbangkan Aji Pamungkas Bangkit. Aji berhasil memenangkan pertandingan dari cabang pencak silat nomor 1 putra kelas 85 kg sampai 90 kg. Dia mengalahkan wakil Singapura Sheik Ferdous Sheik Alauddin, dengan skor 5-0.

Nggak berhenti sampai di situ, medali emas santer berdatangan dari Adi Putra Komang Harik. Adi meraih emas pada nomor kelas E Putra 65 kg sampai 70 kg setelah mengandaskan perlawanan pesilat Malaysia Jamari Mohd Al Jufferi.

Medali emas masih terus diraih lewat Iqbal Candra Pratama . Dia menyumbangkan emas keenam dari cabang pencak silat usai mengalahkan Nguyen Ngoctoan dari Vietnam pada kelas D Putra 60 kg sampai 65 kg.

Pesilat putri Indonesia juga nggak mau ketinggalan. Monita Sarah Tria memenangkan Kelas C Putri 55 kg sampai 60 kg saat berhadapan dengan Vongphakdy Nong Oy dari Laos. Kemenangan ini menyumbangkan emas ketujuh dari pencak silat.

Terakhir, ada pesilat Abdul Malik yang juga sukses menyabet emas di nomor kelas B Putra 50 kg sampai 55 kg. Malik mennggondol emas setelah menglahkan pesilat Malaysia M Nasir Muhammad Faizul. Emas dari Abdul Malik sekaligus melengkapi target maksimal kontingen Indonesia yakni mengantongi 20 medali emas. Raihan cabang pencak silat ini juga melebihi target yang ditetapkan Kemenpora yang hanya menghasilkan lima emas.

Selain menyumbang medali emas, cabang pencak silat juga mempersembahkan medali perunggu lewat Amri Rusdana. Amri meraih perunggu di nomor kelas F 70 kg hingga 75 kg.

Wah, sepertinya Asian Games kali ini masa kejayaannya cabang pencak silat ya, Millens. Semoga masa kejayaan ini terus berlanjut ke ajang-ajang bergengsi lainnya. (MG12/E04)