Indonesia Lumat Filipina di AFF U-18 dengan Skor Telak

Tim Garuda Muda telah mengontrol jalannya permainan sejak kick-off babak pertama dengan umpan-umpan pendek cepat yang memang menjadi gaya kesukaan Coach Indra.

Indonesia Lumat Filipina di AFF U-18 dengan Skor Telak
Timnas U-19 Indonesia. (Foto: Dok. PSSI)

Inibaru.id - Timnas Indonesia U-19 untuk sementara menempati posisi puncak Grup B Piala AFF U-18. Kepastian itu didapat usai Garuda Muda berhasil mengalahkan Filipina dengan skor telak 9-0 di Myanmar, Kamis (7/9).

Bermain di Tuwanna Stadium, Yangon, Indonesia tampak begitu perkasa bagi Filipina. Dilansir dari Detikcom, skuat polesan Indra Sjafri ini mampu melesakkan lima gol di babak pertama, dan empat gol tambahan di babak kedua.

Tim Garuda Muda telah mengontrol jalannya permainan sejak kick-off babak pertama dengan umpan-umpan pendek cepat yang memang menjadi gaya kesukaan coach Indra.

Baca juga: Kado Istimewa Timnas U-22 Untuk HUT Ke-72 RI

Namun demikian, Filipina sempat mengancam gawang Indonesia di menit ketiga saat Mariano Suba berhasil melepaskan tembakan dari luar kotak 12 pas. Beruntung, Indonesia memiliki kiper Muhamad Riyadi yang sigap menepis bola hingga keluar lapangan.

Selang lima menit kemudian, Indonesia berhasil menelurkan gol pertama melalui kaki Feby Eka Putra. Menerima umpan rekannya, Feby segera melepaskan tembakan terukur dari luar kotak penalti.

Bola melengkung masuk ke sudut kanan atas gawang Quincy Julian Boltron Kammeraad setelah terlebih dulu membentur mistar. 1-0 Indonesia memimpin.

Pada menit ke-21, Indonesia menambah keunggulan berkat gol yang diciptakan Egy Maulana Vikri. Bermula dari sepak pojok yang menghasilkan kemelut di kotak penalti, Egy yang berdiri bebas berhasil menceploskan bola liar ke jala gawang Filipina.

Empat menit kemudian, giliran Muhammad Iqbal yang berhasil merobek gawang Kammeraad. Umpan terukur Asnawi Mangkualam berhasil disambar Iqbal untuk mengubah kedudukan menjadi 3-0.

Indonesia sempat dihadiahi tendangan penalti dimenit ke-30. Namun, Asnawi yang bertindak sebagai eksekutor gagal menciptakan gol lantaran tendangannya berhasil dibaca sang penjaga gawang. Kemudian, dimenit ke-36, Indonesia kembali dihadiahi penalti. Egy yang menjadi eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan itu. Garuda Muda memimpin 4-0.

Gol ke-5 Timnas U-19 diciptakan Iqbal dimenit ke-39 melalui eksekusi bola mati. Gelandang bernomor punggung 6 ini menambah pundi-pundi gol Indonesia menjadi 5-0. Skor itu bertahan hingga turun minum.

Dimenit ke-68 Indonesia berhasil melesakkan gol keenam. Feby, yang lepas dari posisi offside, dengan mudah menceploskan bola ke gawang lawan. 6-0 Indonesia memimpin.

Baca juga:Dihujat Netizen secara Bertubi-tubi, Pemain Timor Leste Ini Akhirnya Minta Maaf

Feby benar-benar menjadi momok bagi lini belakang Filipina setelah ia berhasil menciptakan hat-trick di menit ke-87.

Wasit menghadiahi tendangan penalti pada menit ke-90 usai Muhammad Rafli dijatuhkan kiper Filipina. Kameraad dikartu merah, sedangkan Rafli yang menjadi algojo penalti berhasil menjalankan tugas dengan baik. Indonesia memimpin 8-0.

Di masa injury time Indonesia kembali mencetak gol kesembilan. Kali ini giliran Resky Fandy yang menceploskan bola ke gawang lawan. Indonesia pun mengakhiri laga dengan kemenangan 9-0.

Dengan kemenangan telak ini, menempatkan Indonesia sementara berada di atas awan dan memuncaki klasemen Grup B Piala AFF U-18. (GIL/IB)