Indonesia Lolos ke Semifinal Piala Thomas 2018

Tim Thomas Indonesia melaju ke babak semifinal setelah mengalahkan Malaysia pada Kamis (24/5/2018) malam. Di babak semifinal nanti, Indonesia bakal berhadapan dengan Tiongkok.

Indonesia Lolos ke Semifinal Piala Thomas 2018
Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang menentukan kelolosan Tim Thomas Indonesia ke babak Semifinal (Humas PBSI)

Inibaru.id – Tim Thomas Indonesia melaju ke babak semifinal Piala Thomas 2018 setelah menumbangkan Malaysia 3-1 pada pertandingan perempat final yang dilangsungkan di Impact Arena, Bangkok, Thailand. Tiket semifinal itu didapatkan Indonesia usai Fajar Alfian/Muhammad Rian Arianto menyudahi perlawanan negara tetangga yang diwakili Aaron Chia/Teo Ee Yi dengan skor 21-18, 10-21, 21-9.

Pertandingan antara Fajar/Rian dan Aaron/Teo berlangsung dengan seru. Hingga interval babak pertama, skor masih 11-9 untuk Fajar dan Rian. Kejar-mengejar poin terus berlangsung hingga pasangan Indonesia mengakhiri babak dengan skor 21-18.

Pada babak kedua, pasangan Negeri Jiran tampil lebih trengginas sehingga berhasil unggul telak 21-10. Hanya saja, energi pasangan Malaysia sepertinya sudah terkuras sehingga di babak rubber game langsung tertinggal 11-3. Setelah bertukar tempat, permainan Fajar/Rian semakin tak terbendung sehingga menyudahi perlawanan Aaron/Theo dengan skor 21-9.

Selain ganda putra Fajar/Rian, poin kemenangan Indonesia merupakan sumbangan dari pasangan Minions Kevin/Marcus dan tunggal putra Jonatan Christie. Kevin/Marcus mengalahkan pasangan Goh V Shem/Tan Wee Kiong dalam tiga babak dengan skor akhir 21-19, 20-22, 21-13. Jonatan Christie juga harus melalui tiga babak untuk memukul mundur Lee Zii Jia dengan skor akhir 21-15, 11-21, 21-13.

Kompas.com, Kamis (24/5/2018) menulis, di babak semifinal nanti Indonesia bakal menghadapi tim kuat Tiongkok yang bakal berlangsung pada Jumat (25/5). Di partai semifinal lainnya, Jepang harus menghadapi juara bertahan Denmark. Sebelum ini, Jepang menyudahi perjuangan Prancis dengan skor 3-1 dan Denmark membabat habis Korea Selatan dengan skor telak 3-0.

Tim Uber Kandas

Pencapaian tim Thomas Indonesia tidak mampu diimbangi tim Uber. Di babak perempat final, Indonesia dikalahkan tuan rumah Thailand dengan skor 3-2. Di pertandingan penentu, tunggal ketiga Indonesia, Ruselli Hartawan tak mampu mengimbangi permainan Busanan Ongbamrungphan dan harus merelakan kekalahan 21-9, 21-12.

Kegagalan Tim Uber Indonesia mencapai babak semifinal menyamai pencapaian Piala Uber 2016 di Kunshan, Tiongkok. Saat itu, Indonesia kalah dari tim kuat Korea Selatan 0-3 di babak perempat final. Dengan begitu, keinginan Indonesia untuk mengakhiri paceklik gelar pada perhelatan Uber Cup harus pupus.

Terima kasih tim Uber atas perjuangannya di Uber Cup 2018. Untuk tim Thomas, semoga sukses pada pertandingan semifinal dan bisa melaju ke partai puncak. Tetap dukung tim Indonesia ya, Millens. (IB09/E04)