Salut! Indonesia Juara Piala AFF U-22 2019

Salut! Indonesia Juara Piala AFF U-22 2019
Timnas U-22. (fin.co.id)

Sempat tertinggal, Timnas U-22 tampil garang dan mampu mengalahkan Thailand dengan skor 2-1 sehingga dinobatkan sebagai juara Piala AFF U-22.

Inibaru.id – Nggak diberi target apapun, Tim Nasional (Timnas) U-22 menjadi juara Piala AFF U-22 yang diadakan di Kamboja. Tampil lepas dan spartan, Timnas mengandaskan perlawanan raja sepak bola ASEAN Thailand dengan skor 2-1 di partai final yang diadakan di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, pada Selasa (26/2/2019) malam.

Kompas.com, Selasa (26/2) menulis, Thailand adalah juara bertahan di turnamen ini. Meskipun begitu, Timnas asuhan Indra Sjafri nggak gentar dan mampu tampil memukau. Bermain tanpa gol di babak pertama, pertandingan semakin seru di babak kedua, apalagi setelah Thailand membuka skor pada menit ke-57. Kapten Thailand Saringkan Promsupa menyundul bola hasil tendangan bebas yang nggak mampu dijangkau oleh kiper Awan Setho.

Mental pemain Timnas ternyata nggak kacangan meski tertinggal. Mereka justru tampil semakin garang demi menyamakan kedudukan. Nggak perlu menunggu lama, dua menit kemudian Sani Rizki mencetak gol setelah tendangannya berbelok akibat membentur bek Thailand Marco Ballini. Bahkan, pada menit ke-63, Osvaldo Haay membalikkan keadaan. Sundulannya ke tiang jauh saat menyambut tendangan bebas tak mampu dijangkau kiper Thailand.

Kemenangan Timnas U-22 ini seperti menjadi oase di tengah kering prestasi Timnas dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu, kabar ini juga menjadi penyejuk di tengah kekacauan yang sedang menimpa PSSI. Sebagaimana yang diketahui, PSSI sedang mendapatkan sorotan negatif akibat kasus pengaturan skor yang disebut-sebut terjadi di liga atau bahkan di tim nasional.

Hasil ini juga menjadi prestasi tersendiri bagi pelatih Indra Sjafri. Setelah membawa Timnas U-19 meraih gelar juara pada Piala AFF U-19 pada 2013 silam, Indra kembali membawa Timnas junior meraih prestasi, sesuatu yang nggak  mampu diberikan Timnas senior dalam beberapa puluh tahun terakhir.

Semoga saja para pemain Timnas U-22 ini bisa terus berkembang sehingga mampu memberikan masa depan yang cerah bagi sepak bola Indonesia, ya Millens(IB09/E05)