Indonesia Jadi Produsen Alpukat Nomor Satu di Asia, Paling Banyak Jawa Timur

Indonesia Jadi Produsen Alpukat Nomor Satu di Asia, Paling Banyak Jawa Timur
Indonesia produsen alpukat nomor satu di Asia. (Flickr/ Kjokkenutstyr.net)

Sering kita temui di toko buah atau penjual jus pinggir jalan, ternyata Indonesia adalah produsen alpukat nomor satu di Asia serta nomor empat di dunia. Keren, ya!

Inibaru.id – Alpukat jadi salah satu buah yang paling mudah kita temui di pasaran. Nggak hanya di toko-toko buah, kamu bahkan bisa menemukan alpukat di hampir semua penjual jus di Tanah Air. Hal ini wajar, Millens karena Indonesia ternyata adalah produsen alpukat nomor satu di Asia.

Meski namanya alpukat dan sebutan internasionalnya juga mirip, yakni avocado, bukan berarti alpukat asli Indonesia, ya Millens. Jadi, buah ini aslinya dari kawasan tengah dan selatan Meksiko. Nah, buah ini kemudian menyebar ke seluruh dunia karena dibawa oleh para pedagang.

Konon, buah ini mulai dikenal oleh manusia sejak dikonsumsi oleh Suku Nahua yang memang dulu menempati Meksiko dan sejumlah wilayah Amerika Tengah lainnya. Menariknya, nama alpukat ini ternyata punya arti yang bikin risih, lo. Bagaimana nggak, sebutan aslinya adalah ahuacatl yang artinya adalah buah zakar. Alasannya, cek saja deh bentuk alpukat yang mirip dengan buah zakar.

Jawa Timur adalah penyumbang produksi alpukat terbesar di Indonesia. (Flickr/

Quinn Dombrowski)
Jawa Timur adalah penyumbang produksi alpukat terbesar di Indonesia. (Flickr/ Quinn Dombrowski)

Balik lagi soal Indonesia adalah penghasil alpukat terbesar di Asia. Nah, klaim ini berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) tahun 2018. Kalau yang paling banyak, masih didominasi oleh negara-negara Amerika Latin seperti Meksiko, Republik Dominika, serta Peru. Kalau Indonesia ada di urutan empat dunia dengan produksi 410.094 ton pada tahun tersebut.

Jumlah ini naik dari produksi tahun 2017 sebanyak 46.973 ton. Alhasil, produksi alpukat kita sangat jauh jika dibandingkan dengan peringkat kedua di Asia, Tiongkok yang hanya 128.743 ton pada 2018.

Tebak, di daerah mana saja produksi alpukat terbesar di Indonesia? Ternyata, Jawa Timur! Daerah ini menyumbang produksi alpukat sebesar 108.381 ton kemudian disusul oleh Jawa Barat dengan 91.383 ton. Berturut-turut di posisi ketiga dan empat adalah Sumatera Barat dengan 48.513 ton serta Jawa Tengah dengan 44.522 ton.

Mengingat alpukat adalah buah yang baik bagi kesehatan dan cocok untuk diet, nggak ada salahnya kok kalau kita juga menanamnya di rumah atau di kebun. Lagipula, hal ini tentu bisa bikin status Indonesia jadi produsen alpukat nomor satu di Asia tetap terjaga, kan, Millens? (Goo/IB09/E05)