Indonesia Gagal Melaju ke Piala Dunia U-17 2019

Indonesia Gagal Melaju ke Piala Dunia U-17 2019
Kalah dari Australia, Indonesia nyaris mencetak gol pada akhir babak kedua. (Instagram/AFC)

Tim Garuda Muda harus mengakui keganasan Autraslia pada babak perempat final Piala Asia U-16, Senin (1/10/2018) dengan skor 2-3. Dengan begitu, harapan Indonesia bergabung pada Piala Dunia U-17 2019 pupus.

Inibaru.id – Timnas U-16 Indonesia menelan kekalahan dari timnas U-16 Australia pada babak perempat final Piala Asia U-16, Senin (1/10/2018). Bertempat di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia  tim Garuda dipaksa bertekuk lutut dengan skor 2-3. Dengan hasil ini, Indonesia juga dipastikan gagal melaju ke Piala Dunia U-17 di Peru pada 2019 nanti.

Pada babak pertama, Indonesia langsung mendapat tekanan dari Australia. Sutan Zico menciptakan peluang dari luar kotak penalti pada menit ke-14. Kendati sempat gagal, pemain JSSL Chelsea FC ini berhasil mencetak gol pada menit ke-17. Gol Zico membuat Indonesia unggul hingga babak pertama berakhir.

Sayang, keunggulan ini nggak bertahan lama. Pada babak kedua, Australia semakin mengganas. Melalui Daniel Walsh, Australia berhasil mengejar ketertinggalan pada menit ke-51. Australia nyaris mencetak gol kedua pada menit ke-61 jika tendangan Joseph Roddy nggak mengenai tiang gawang.

Selang empat menit dari tendangan Joseph Roddy, Australia menciptakan gol keduanya melalui Adam Leombruno. Tim berjuluk Socceros ini semakin memperlebar jarak setelah Noah Botic menyarangkan gol ketiga ke gawang Indonesia.

Kendati sempat melemah, permainan Indonesia kembali hidup saat Rendy Juliansyah masuk. Setelah lolos dari offside, Rendy memperkecil jarak dengan mencetak gol pada menit ke-89. Melalui Bagus Kahfi, Indonesia juga sempat menciptakan peluang untuk menyamakan kedudukan saat waktu tambahan. Sayang, eksekusi ini nggak membuahkan hasil dan Indonesia tertinggal hingga pertandingan selesai.

Sedih sudah pasti. Namun, anak asuh Fakhri Husaini itu sudah menampilkan usaha maksimal mereka. So, sudah sepatutnya rakyat Indonesia bangga dengan mereka. Bukan begitu, Millens?

Semoga di kompetesi selanjutnya, Indonesia dapat terus berbenah dan mendapat kemenangan ya. Yuk, tetap semangat! (IB15/E04)