Indonesia Bertengger di Posisi Kedua Klasemen Sementara SEA Games 2019

Indonesia Bertengger di Posisi Kedua Klasemen Sementara SEA Games 2019
Agus Prayogo, penyumbang medali emas bagi Indonesia pada Jumat (6/12). (Antara Foto/Aditya ES Wicaksono)

Indonesia panen 12 medali emas di hari ketujuh ajang SEA Games 2019 Filipina. Perolehan medali di hari ketujuh membuat Indonesia menempati posisi kedua klasemen sementara SEA Games 2019. Cabor apa saja yang menyumbang medali?

Inibaru.id – Di hari ketujuh ajang SEA Games 2019, Indonesia duduk di posisi dua klasemen. Sementara ini, Indonesia memenuhi target yang diberikan oleh Presiden Jokowi.

Detik, Jumat (6/12/19) menulis, Indonesia telah mendulang 40 medali emas, 41 perak, dan 47 perunggu. Hasil ini dikarenakan di hari yang sama, Indonesia berhasil panen 12 medali emas. Agus Prayogo dari cabang marathon menjadi pembuka rententan medali emas yang diraih atlet Tanah Air. Setelahnya, Dea Salsabila Putri juga menjadi yang terbaik di nomor women’s beach triathle perorangan.

Aldila Sutjiadi meraih emas di tenis tunggal putri. Setelahnya, Agus Domosarjito menyusulnya dari cabor menembak di nomor metallic silhouette air pistol.

Di cabang olahraga kano, Indonesia menambah dua emas dari Maizir Riyondra di nomor tunggal putra 1.000 meter serta Anwar Tarra/Yuda Firmanshah di nomor ganda putra 1.000 meter. Sambo juga menyumbang tiga emas lewat Fajar, Ridha Wahdaniyaty Ridwan, dan Senie Kristian.

Cabang olahraga bela diri judo juga menambah dua medali emas lewat Gede Gading dan I Gede Agastya Wardana. Terakhir, Indonesia meraih medali emas lewat voli pantai nomor beregu putra setelah mengalahkan Thailand dengan skor 2-0.

Nggak hanya emas, Indonesia juga meraih enam medali perak dari cabor menembak, voli pantai, renang, serta kano. Selain itu, delapan medali perunggu juga didapatkan dari cabor pentathlon, tenis, sepeda, judo, kano, serta squash.

Saat ini posisi Indonesia masih rawan digeser oleh peringkat ketiga Vietnam yang meraih 38 emas, 41 perak, dan 52 perunggu. Peluang Indonesia untuk mengejar Filipina juga cukup jauh mengingat raihan medali tuan rumah yang mencapai 71 emas, 55 perak dan 50 perunggu.

Semoga Indonesia terus meraih medali SEA Games 2019 ya, Millens! (IB09/E06)