Indomaret dan Alfamart, Berapa sih Biaya Kalau Mau Buka?

Indomaret dan Alfamart, Berapa sih Biaya Kalau Mau Buka?
Berapa sih biaya franchise-nya? (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Menjadi pengusaha dua gerai Indomaret dan Alfamart kini bukan lagi khayalan. Namun ada biaya yang harus kamu tebus tentunya. Berapa banyak?

Inibaru.id - Usaha ritel emang nggak ada matinya. Seperti dua merk ritel di Indonesia yaitu Alfamart dan Indomaret yang selalu disandingkan kesuksesannya. Buatmu yang sedang mencari peluang usaha, kamu bisa lo berinvestasi di dua perusahaan ritel ini dengan franchise. Lalu berapa sih biaya yang harus dipersiapkan?

Rata-rata biaya franchise yang dibutuhkan untuk membuka gerai baru adalah sebesar Rp 500 juta. Kamu bakal mendapatkan beberapa fasilitas berupa peralatan elektronik, nonelektronik, promosi persiapan pembukaan toko, serta franchise fee untuk tahun renovasi bangunan dan tambahan biaya listrik.

Menurut Franchise Manager Indomaret Rahmadani, biaya tersebut merupakan biaya di luar sewa bangunan. Hal tersebut berarti jika kamu belum memiliki lokasi usaha, maka dapat dipastikan kamu perlu mengeluarkan biaya lebih besar lagi. Rahmadani mengatakan bahwa biaya franchise dan sewa gedung bisa mencapai Rp 800 juta hingga Rp 1 miliar dengan ukuran gerai standar yaitu sekitar 250 hingga 300 meter persegi. Hm, lumayan ya?

Biayanya sebanding dengan fasilitas yang didapatkan kok. (Investor.id)
Biayanya sebanding dengan fasilitas yang didapatkan kok. (Investor.id)

Sementara biaya pembukaan gerai franchise Alfamart juga nggak berbeda jauh dengan Indomaret, Millens! Franchise Bussines Development Manager Alfamart M Andriansyah mengatakan bahwa biaya investasi yang dibutuhkan adalah Rp 500 juta dengan ukuran bangunan gerai 150 hingga 250 meter persegi yang berasal dari usulan calon terwaralaba.

Fasilitas yang ditawarkan pun nggak berbeda dengan Indomaret yaitu berupa instalasi listrik, peralatan gerai dan AC, cash register, sistem informasi ritel, shop sign, pole sign, serta promosi dan persiapan pembukaan gerai.

Biaya franchise Alfamart nggak beda jauh sama Indomaret. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Biaya franchise Alfamart nggak beda jauh sama Indomaret. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Kedua gerai waralaba ini tentu sangat prospektif, Millens. mengingat setiap tahun jumlah gerai keduanya semakin meningkat. Pada 2012 Indomaret mempunyai 7.200 gerai dan meningkat menjadi 14.033 gerai pada 2016. Sementara Alfamart dengan 7.063 gerai pada 2012 dan meningkat menjadi 12.366 gerai pada 201 di seluruh Indonesia. Terjawab kan kenapa kamu nemu minimarket-minimarket ini di mana-mana?

FYI, terwaralaba Indomaret akan mendapatkan balik modal pada 30 bulan atau maksimal 43 bulan untuk masa kontrak 60 bulan. Sementara franchise Alfamart disebutkan akan balik modal setelah 3,5 tahun.

Nah gimana, Millens? tertarik berinvestasi di dua gerai waralaba populer ini? (Kum/IB27/E05)