BerandaHits
Senin, 5 Des 2022 21:45

Ilmuwan: Berat T-Rex Terbesar Capai 15 Ton

Ilmuwan: Berat T-Rex Terbesar Capai 15 Ton

Ilustrasi: Para ilmuwan mengungkapkan T-rex terbesar amat mungkin memiliki berat hingga 15 ton. (AFP/Roslan Rahman)

Pernah membayangkan berapa berat T-Rex sewaktu masih ada di planet Bumi? Menurut ilmuwan, berat T-Rex terbesar mencapai 15 ton.

Inibaru.id - Salah satu jenis dinosaurus yang banyak dikenal orang adalah Tyrannosaurus atau T-rex. Dinosaurus ini termasuk yang paling buas dari jenis lainnya yang pernah hidup di bumi. Tapi, tidakkah kamu bertanya-tanya, kira-kira berapa berat T-rex pada waktu itu, ya?

Ahli paleontologi dari Canadian Museum of Nature di Ottawa, Ontario, Kanada dalam studi terbaru yang diumumkan pada konferensi tahunan Society of Vertebrate Paleontology (SVP) di Toronto, mengemukakan T-rex terbesar amat mungkin memiliki berat hingga 15 ton. Bobot itu lebih berat daripada rata-rata bus sekolah, yang beratnya sekitar 11 ribu kilogram atau 11 ton.

Saat ini, T-rex terberat yang pernah tercatat dalam penemuan ilmuwan adalah rangka spesimen yang diberi nama "Scotty". Scooty memiliki berat sekitar 8.870 kg atau 8,9 ton saat masih hidup.

"T-rex terbesar mungkin berukuran sekitar 70% lebih besar dari Scotty," kata Jordan Mallon, penulis penelitian sekaligus seorang ilmuwan dan kepala paleobiologi di Museum Alam Kanada, seperti dilansir dari Live Science pada Jum'at (18/11).

Jumlah T-rex

Ilustrasi:  Ukuran dan berat T-rex jauh lebih besar daripada yang ditemukan ilmuwan mana pun sejauh ini. (Wikimedia Commons/Ian Juby)
Ilustrasi: Ukuran dan berat T-rex jauh lebih besar daripada yang ditemukan ilmuwan mana pun sejauh ini. (Wikimedia Commons/Ian Juby)

Dari catatan fosil, para ilmuwan berkesimpulan bahwa ada sekitar 2,5 miliar T-rex pernah hidup di Bumi. Namun, hanya sebagian kecil yang pernah ditemukan. Hingga saat ini hanya ada 32 rangka T-Rex yang pernah ditemukan para ilmuwan.

Bersama David Hone, merupakan dosen senior dan wakil direktur Pendidikan di Queen Mary University of London, Mallon mengamati jumlah populasi dan rentang hidup rata-rata untuk membuat model T-rex sebesar mungkin. Mereka juga mempertimbangkan variasi ukuran tubuh berdasarkan dimorfisme seksual atau perbedaan ukuran antara jenis kelamin hewan dalam suatu spesies.

Kami akhirnya membangun dua model, satu menunjukkan dimorfisme nol dan satu lagi dengan dimorfisme yang kuat," kata Mallon.

Jika T-rex adalah dimorfik, para peneliti memperkirakan beratnya mencapai 24.000 kg, tetapi model itu ditolak karena jika benar, mereka akan menemukan individu yang lebih besar sekarang.

Dengan menggunakan data ini, para ilmuwan dapat membuat model kurva pertumbuhan T-rex sepanjang masa hidupnya dan memperkirakan seberapa besar pertumbuhan hewan karnivora itu saat dewasa.

Namun Mallon memperingatkan jika ada yang sampai menemukan rangka T-rex yang ukurannya sebanding dengan yang ada di model, maka kesimpulan model tersebut murni spekulatif.

Thomas Carr selaku ahli paleontologi vertebrata dari Carthage College di Kenosha, Wisconsin yang menghadiri konferensi SVP mengatakan, bahwa masuk akal jika T-rex jauh lebih besar daripada yang ditemukan ilmuwan mana pun sejauh ini.

"T-rex benar-benar hewan yang luar biasa. Membayangkan T-rex sebesar itu luar biasa, dan menurut saya hewan sebesar itu dapat dijangkau secara statistik."

Wah, nggak heran jika T-rex adalah salah satu jenis dinosaurus yang diidolakan oleh banyak anak ya, Millens? Kalau kata ilmuwan, T-rex memang dinosaurus yang besar dan luar biasa. (Siti Khatijah/E05)

Artikel ini telah terbit di Media Indonesia dengan judul Ilmuwan Ungkap Berat T-Rex Terbesar Mencapai 15 Ton.

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved