Ikonik! Jingle Pedagang Jajanan Ini Tanpa Sadar Sudah Kita Hafal

Ikonik! Jingle Pedagang Jajanan Ini Tanpa Sadar Sudah Kita Hafal
Tahu bulat, jingle pedagang jajanan Indonesia paling ikonik dan diingat banyak orang. (Twitter/MeTubeID)

Kamu pasti pernah mendengar suara-suara ini di sekitar rumah. Begitu mendengarnya, kamu langsung tertarik untuk membelinya. Jingle pedagang jajanan ini sudah kadung teringat di hati orang Indonesia. Apa saja, ya?

Inibaru.id - Terkadang saat kamu sedang laper namun mager dan nggak mau kemana-mana, ada "penolong" yang tiba-tiba datang. Hanya dengan mendengar jingle pedagang jajanan ini, kamu sudah tahu apa yang mereka jajakan dan langsung ingin membelinya.

Jingle pedagang jajanan ini sangatlah khas. Kamu terkadang nggak perlu menghafal liriknya karena biasanya suaranya kurang jelas akibat memakai peralatan audio berkualitas rendah. Hanya, nadanya sudah kadung hafal di luar kepala.

Berikut adalah jingle-jingle pedagang jajanan Indonesia yang sangat khas tersebut.

1. Tahu Bulat

Jingle tahu bulat sangat khas dan diingat banyak orang. (Ijteher)
Jingle tahu bulat sangat khas dan diingat banyak orang. (Ijteher)

Siapa yang nggak pernah mencoba tahu bulat setidaknya sekali dalam hidup? Meski kamu bukan tipe orang yang hobi jajan, pasti bakal penasaran dan ingin mencobanya usai mendengar jingle-nya didendangkan dari atas kendaraan bak terbuka. Ngaku, deh!

Makanan ini mulai populer pada 2013 di Tasikmalaya, Jawa Barat. Ciri khasnya adalah jingle-nya yang khas, sekaligus ada orang yang menggoreng tahu di bagian belakang kendaraan bak terbuka. Nggak hanya tahu bulat, kamu juga bisa mencoba makanan lain berupa sotong. Dua-duanya bisa mengenyangkan perut dengan harga yang murah.

2. Susu Murni Nasional

Orang Semarang pasti nggak asing dengan jingle penjual susu ini. (Youtube account Street Foods Village)
Orang Semarang pasti nggak asing dengan jingle penjual susu ini. (Youtube account Street Foods Village)

Tukang jajan sejak awal tahun 2000-an pasti sudah hafal dengan jingle Susu Murni Nasional. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pedagang susu ini yang lewat di perkampungan hampir setiap sore dengan jingle-nya yang mudah dihafal. Meski kini jumlah pedagangnya semakin sedikit, tetap saja kamu pasti masih hafal dengan jingle-nya, kan, Millens?

3. Bakso Malang Campur Sari

Bakso Malang. (bintangbillion.blogspot)
Bakso Malang. (bintangbillion.blogspot)

Kalau yang ini, tenarnya paling belakangan, Millens. Kamu pasti pernah mendengar jingle-nya di sekitaran perumahan. Biasanya, pedagang Bakso Malang Campur Sari ini memakai sepeda motor.

Bakso Malang ini sebenarnya nggak ada bedanya dengan bakso-bakso Malang pada umumnya. Isinya ya aneka bakso, tahu, mie, sayuran, dan pangsit. Satu hal yang pasti, bakso ini sangat nikmat dimakan hangat-hangat. Apalagi pas hujan atau suhu udara sedang dingin.

Masalahnya, bunyi jingle “Bakso Malang.. Bakso Malang.. Campur Sari..” sering dipelintir kata-katanya jadi jorok oleh banyak orang. Hanya, gara-gara hal ini juga jingle-nya jadi mudah dihafal, deh.

4. Jasuke

Jajanan modern jagung susu keju. (MHM.Asia)<br>
Jajanan modern jagung susu keju. (MHM.Asia)

Namanya khas Jepang banget, ya Millens. Tapi, jasuke sebenarnya adalah singkatan dari jagung, susu, dan keju. Jajanan dengan kombinasi rasa manis dan gurih ini berasal dari Jawa Barat. Harganya murah, kok, Millens, antara Rp 5 ribu sampai Rp 8 ribu saja.

Nah, jasuke punya jingle andalan yang bunyinya seperti ini:  “Jagung manis, jagung manis, enak rasanya.. Jagung manis susu keju, sehat bergizi.. Jagung manis, jagung manis, jajanan kita.. Enak dimakan beramai-ramai.”

Dari semua jingle pedagang Indonesia yang pasti pernah setidaknya lewat sekali di depan rumahmu ini, mana yang paling sering terngiang di telingamu, Millens?  (Mer/IB28/E07)