Ikan Mas 15 Kg Ditangkap di Danau Toba, Warganet Khawatir Bakal Ada Musibah

Ikan Mas 15 Kg Ditangkap di Danau Toba, Warganet Khawatir Bakal Ada Musibah
Ikan mas raksasa di Danau Toba. (Facebook/Juliarson Saragih)

Warga setempat meminta pemancing ikan mas mengembalikan ikan tersebut ke Danau Toba agar nggak menyebabkan datangnya musibah. Mereka pun mengingatkan kembali pada insiden tenggelamnya KM Sinar Bangun pada 2018 lalu.

Inibaru.id – Di media sosial baru-baru ini viral video yang menunjukkan seekor ikan mas raksasa berhasil ditangkap oleh seorang warga. Hanya, warganet justru khawatir jika hal ini bisa menyebabkan malapetaka di kemudian hari. Kok bisa, ya?

Video ini diunggah oleh akun Facebook milik Juliarson Saragih pada Sabtu (8/8/2020). Diketahui, video ini diambil di Tao Silalahi, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara saat Juliarson bersama teman-temannya memancing ikan di Danau Toba.

Berhasil mendarat dengan sempurna ikan mas 15 kg,” tulis Juliarson menjelaskan tentang video yang menunjukkan ikan mas sempat dibopong untuk diabadikan dalam sebuah foto.

Ikan mas raksasa. (Facebook/Juliarson Saragih)<br>
Ikan mas raksasa. (Facebook/Juliarson Saragih)

Juliarson memancing dengan empat rekannya. Salah seorang rekan (lelaki berbaju abu-abu) terlihat kesulitan saat umpannya disambar ikan. Dia pun dibantu teman lain agar bisa mengangkatnya. Belum jelas apakah ikan kembali dilepas atau justru dibawa pulang oleh Juliarson dan rekan-rekannya usai difoto.

Video ini viral dan mendapatkan tanggapan beragam dari warganet. Beberapa warganet yang mengaku tinggal di sekitar Danau Toba khawatir dengan kejadian ditangkapnya ikan mas ini. Mereka menyarankan agar sang ikan segera dikembalikan ke danau. Jika tidak, dikhawatirkan akan menyebabkan bencana.

Ikan mas raksasa. (Detik)<br>
Ikan mas raksasa. (Detik)

Pada Juni 2018 lalu, dikabarkan ada seorang warga juga mendapatkan ikan mas dengan berat 13,5 kg saat memancing di Danau Toba. Beberapa saat kemudian, tepatnya pada 18 Juni 2018, Kapal Motor Sinar Bangun tenggelam di Danau Toba. Kapal ini mengangkut penumpang dari Simanindo di Kabupaten Samosir menuju Tigaras, Kabupaten Simalungun. Tiga orang dipastikan meninggal, 21 orang selamat, dan 164 orang lainnya hilang dalam insiden ini.

Meski begitu, kekhawatiran ini juga dianggap sebagian warganet lainnya sebagai mitos belaka. Ada yang menyebut warga Danau Toba lainnya pernah menangkap ikan mas berukuran raksasa dan nggak ada insiden yang terjadi setelahnya.

Terlepas dari adanya mitos, kalau kamu yang mendapatkan ikan mas raksasa dengan berat belasan kilogram, akan dilepas kembali setelah difoto atau dibawa pulang ke rumah, nih Millens? (Kum/IB09/E05)