Ikan Langka 'O'opu, Bisa Panjat Air Terjun Tertinggi di Hawaii

Ikan Langka 'O'opu, Bisa Panjat Air Terjun Tertinggi di Hawaii
Ikan 'O'opu yang bisa memanjat air terjun. (BotanyHawaii)

Ikan langka 'O'opu ini sulit banget ditemui. Meski begitu, ikan 'O'opu punya kemampuan luar biasa, yakni bisa memanjat air terjun tertinggi di Hawaii. Percaya?

Inibaru.id - Ada sejenis ikan langka yang bisa memanjat air terjun tertinggi di Hawaii dengan ketinggian lebih dari 300 meter. Namanya ikan ‘O’opu. Para ilmuwan menyebut ikan ini hanya bisa ditemukan di Hawaii dan kini keberadaannya terancam oleh pembangunan.

Menurut Tim Grabowski, kepala Unit Riset Perikanan Koperasi Hawaii dari Survei Geologi AS, ikan ini bisa ditemukan di sepanjang Pantai Hāmākua. Masalahnya, akses sepanjang sungai menuju pantai tersebut sulit dilalui. Jalannya curam dan berlumpur. Ekosistemnya juga banyak nyamuk. Penelitian terhadap ikan ini pun sangat sulit untuk dilakukan.

Ikan ‘O’opu sebetulnya masuk ke dalam keluarga Gobiidae atau ikan Goby. Di kepulauan Hawaii, empat spesies ikan Goby dan satu spesies ikan Sleeper Goby adalah ikan air tawar asli. Beberapa jenis ikan ini dapat memanjat tebing air terjun dengan menggunakan mulut dan sirip yang berbentuk mirip cangkir isap

Karakteristik ikan ini adalah ukurannya yang kecil. Selain itu, bentuknya juga nggak mencolok. Biasanya, warnanya coklat, bisa berkamuflase, dan berbintik-bintik atau belang. Pengecualian untuk si jantan yang warnanya bisa setengah hitam dan oranye saat musim bertelur.

Ikan unik ini termasuk spesies ikan goby. (Corry Yap)<br>
Ikan unik ini termasuk spesies ikan goby. (Corry Yap)

Ikan ‘O’opu mudah ditemukan di Pantai Hāmākua karena curah hujannya yang tinggi sehingga membuat debit air terjun berlimpah. Hanya lima spesies asli ‘O’opu yang telah berevolusi untuk mengatasi aliran air tawar Hawaii yang deras. Sementara empat jenis spesies lainnya menciptakan kemampuan baru untuk memanjat tebing saat dewasa

Seorang ahli ekologi penelitian akuatik di Pacific Southwest Research Station, bagian dari US Forest Service, Richard MacKenzie ternyata pernah meneliti ikan tersebut dan menceritakan kemampuan luar biasa mereka memanjat air terjun.

"Mereka seperti melompat keluar dari air dan menempel di sisi air terjun kemudian memanjat," katanya.

Cara mereka memanjat air terjun adalah dengan menggunakan alat hisap dan mulutnya yang berevolusi hingga bisa mengikis ganggang dari bebatuan agar bisa mendaki ke tebing vertikal dan terjal.

Ikan 'O'opu populasinya belum diketahui secara jelas. (Medaitani)<br>
Ikan 'O'opu populasinya belum diketahui secara jelas. (Medaitani)

O'opu' alamo'o (Lentipes concolor), ikan goby berwarna hitam dan oranye, adalah pendaki terkuat. Ikan ini bisa ditemukan di kolam bibir air terjun tertinggi di Hawaii. Termasuk di air terjun Hi’ilawe yang ketinggiannya mencapai 300m di Lembah Waipio Hāmākua. Untuk ukuran ikan yang hanya punya ukuran 13 cm saja, kemampuan memanjat air terjun setinggi itu tentu sangat luar biasa.

Para ilmuwan sebetulnya nggak begitu tahu dengan detail bagaimana cara ikan ini memanjat. Mereka juga belum mengetahui alasan mengapa mereka harus susah payah memanjat hingga ke atas air terjun.

Menurut Bob Kinzie, seorang profesor Zoology Emeritus di Univesristas Hawaii di Mānoa, Oahu, nggak ada yang tahu persis tentang jumlah atau distribusi populasi ikan itu di di sana.

Kira-kira, di Indonesia ada nggak ya ikan langka yang bisa memanjat air terjun seperti ini? (Bbc/IB28/E07)