IDI Nggak Ambil Pusing Menkes yang Baru Bukan Dokter

IDI Nggak Ambil Pusing Menkes yang Baru Bukan Dokter
Budi Gunadi Menkes yang baru. (Medcom)

Zubairi Djoerban, ketua satgas Covid-19 yang juga dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) nggak mempermasalahkan jika Menteri Kesehatan (Menkes) yang baru bukan dokter. Yang penting dia berharap, Menkes punya manajemen yang bagus dan dapat menyelesaikan Covid-19.

Inibaru.id - Zubairi Djoerban, ketua satgas Covid-19 yang juga dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) nggak mempermasalahkan jika Menteri Kesehatan (Menkes) yang baru bukan dokter. Dalam reshuffle kabinet kemarin, Presiden Jokowi mengumumkan Budi Gunadi Sadikin sebagai menkes yang baru.

"Mau latar belakangnya itu fisika nuklir, kesehatan masyarakat, dokter, epidemiolog atau apa, asal kemampuan manajerialnya bagus dan tahu persis persoalan di lapangan, ya tidak masalah. Apakah saya kecewa menkes saat ini bukan dari kalangan dokter? Saya sama sekali tidak kecewa," kata Zubairi dalam akun media sosial @ProfesorZubairi, Selasa, 22 Desember 2020.

Budi Gunadi punya latar belakang bankir. Zubairi menuturkan jika beberapa negara juga memiliki Menkes yang bukan dari dokter seperti Singapura dan Thailand.  "Saya tunggu gebrakan menkes baru ini. Kalau perlu, ganti kebijakan menteri sebelumnya, atas dasar data-data lapangan yang sahih," ungkap Zubairi.

Budi Gunadi diharapkan bisa menyelesaikan kasus Covid-19. (Medcom)<br>
Budi Gunadi diharapkan bisa menyelesaikan kasus Covid-19. (Medcom)

Selain menanti kebijakan, Zubairi berharap Budi dapat menangani kasus Covid-19 secara optimal. Menkes pun juga harus bisa menangani penyakit lain seperti lupus, HIV/AIDS, dana masalah kesehatan lain. 

"Tantangan untuknya lumayan berat karena masalah kesehatan di Indonesia banyak banget, wabil khusus covid-19. Semoga dia punya visi misi yang baik dan program yang jelas. Selamat bekerja Pak Menteri," ujar Zubairi.

Sebelum jadi menkes, Budi menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN. Pernah juga menjabat sebagai Staf Khusus Menteri BUMN (2016-2017). Pria kelahiran 5 Mei 1964 ini pun pernah menjabat sebagai petinggi sejumlah bank di Indonesia, seperti Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk (2013-2016), serta menjadi Executive VP Consumer Banking PT Bank Danamon Tbk (2004-2006).

Semoga Menteri Kesehatan yang baru punya strategi jitu buat keluar dari pandemi ya, Millens. (IB28/E05)