Trikotilomania, Gangguan Mental yang Bikin Pengidapnya Hobi Mencabuti Rambut

Trikotilomania, Gangguan Mental yang Bikin Pengidapnya Hobi Mencabuti Rambut
Mencabuti rambut saat stres termasuk gangguan mental lo. (Net)

Apakah kamu merasa puas setelah mencabuti rambut? Kalau iya, mungkin kamu mengidap Trikotilomania.

Inibaru.id – Merujuk pada gangguan mental, trikotilomania memang tergolong ringan. Tapi tahu nggak kalau orang yang mengidap kondisi ini senang dan bahkan puas setelah dia mencabuti rambut di tubuhnya? Nah, dilansir dari Idntimes (21/7), pengidap trikotilomania sering kali nggak sadar tindakannya berlebihan. Kurangnya kontrol implus dalam diri mereka menjadi penyebabnya.

Kebanyakan perilaku mencabuti bulu akan semakin nggak terkendali saat berada dalam tekanan. Jadi, jangan heran kalau suatu saat kamu bertemu orang yang terlihat berpikir keras sambil mencabuti rambutnya! He-he.

Oya Millens, meski kelihatan sepele, tetap saja gangguan ini harus diperhatikan secara khusus. Termasuk juga mendapatkan penanganan yang tepat melalui psikoterapi dan farmakoterapi. Psikoterapi dapat dilakukan dengan terapi perilaku kognitif agar kontrol stimulus dapat lebih baik dan kebiasaan mencabuti bulu yang berlebihan itu dapat diredam. Kemudian untuk farmakoterapi dapat diterapkan melalui konsumsi obat-obatan yang tentunya harus di bawah pengawasan dokter.

So, gimana nih, Millens? Apakah kamu termasuk pengidap Trikotilomania? (IB23/E05)