Hutan di Gunung Merbabu Terbakar, Api Masih Menyala di Wilayah Ampel

Hutan di Gunung Merbabu Terbakar, Api Masih Menyala di Wilayah Ampel
Kebakaran di Gunung Merbabu. (Antara Foto/Mohammad Ayudha)

Kebakaran di Gunung Merbabu masih belum benar-benar bisa dipadamkan. Api masih menyala di sejumlah titik.

Inibaru.id – Kebakaran masih melanda Taman Nasional Gunung Merbabu, Jawa Tengah. Hingga Kamis (19/9/2019) malam, titik api masih bisa ditemukan di wilayah Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali. LAPAN Hotspot Information menyebut titik api bisa ditemukan di kawasan Resort Ampel dan Kopeng.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) Johan Setyawan menyebut upaya pemadaman di lereng Gunung Merbabu masih dilakukan.

"Proses pemadaman dibantu anggota TNI, Polri, BPBD, PMI, dan relawan SAR yang berasal dari wilayah sekitar. Relawan dari masyarakat juga bantu, jumlahnya adalah 133 orang," ujar Johan dilansir dari laman Antaranews, Jumat (20/9).

Tim Relawan dari Posko Ampel Boyolali membagi pemetaan lokasi titik api menjadi tiga. Jalur pertama adalah Desa Ngagrong yang terdiri dari 70 orang, tim kedua Guolelo sebanyak 38 orang, dan yang terakhir adalah Candisari sebanyak 3 orang. Para relawan juga mengecek pipa air yang terputus akibat kebakaran dan proses pemadaman. Hasilnya adalah, pipa air yang rusak ke arah Desa Ngagrong sepanjang 1,5 kilometer.

Tim Guolelo melakukan proses pemadaman dengan cara manual. Tak hanya beberapa kayu yang tumbang dan terlihat membara atau berasap, masih ada api yang terlihat besar di bagian atas namun tidak bisa dijangkau. Tim akhirnya memutuskan untuk membuat sekat di bagian selatan Kali Sipendok demi mengendalikan api.

Sementara itu, Tim Candisari juga dibagi menjadi dua, yakni yang menuju Buikit Ogal Agil dan Semuncar. Mereka melakukan pemadaman di sisa kebakaran. Di lokasi ini, asap masih terlihat membumbung tapi diperkirakan akan segera padam karena sudah tidak ada lagi pohon yang tersisa.

Semoga saja api bisa segera dipadamkan di Gunung Merbabu, ya Millens. (IB09/E04)