Hujan Meteor Perseid Akan Hiasi Langit Malam Nanti
Hujan meteor preseid. (NASA The Commons/Bill Ingalls)

Hujan Meteor Perseid Akan Hiasi Langit Malam Nanti

Fenomena tahunan hujan meteor preseid akan kembali menghiasi langit malam Indonesia. Peristiwa ini bisa kamu lihat mulai pukul 22.00 WIB nanti hingga menjelang subuh.

Inibaru.id – Hujan meteor perseid kembali menghiasi langit Indonesia sejak Senin (12/8/2019) kemarin. Fenomena tahunan ini dapat disaksikan di seluruh Indonesia hingga Rabu (14/8) menjelang subuh.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengatakan, nggak perlu menggunkan teleskop untuk melihat hujan meteor. Kamu cukup menyaksikan di tempat yang minim polusi cahaya.

“Nggak perlu pakai teleskop untuk lihat hujan meteor, yang penting cuaca cerah. Tapi lebih baik dilihat dari tempat yang minim polusi udara, jauh dari gedung dan pepohonan,” ujar Thomas seperti ditulis laman CNN Indonesia, Selasa (13/8).

Meski demikian, Thomas mengatakan jumlah meteor yang terlihat di langit nggak sebanyak tahun-tahun sebelumnya.

“Hujan meteor perseid kali ini jumlahnya cenderung berkurang dibandingkan fenomena serupa di tahun-tahun sebelumnya,” ungkap Thomas.

Menurut Thomas, kali ini jumlah meteor yang terlihat hanya belasan meteor per jam. Jumlah ini relatif sedikit dibanding biasanya yang mencapai 80 meteor per jam. Jumlah hujan meteor yang berkurang ini dikarenakan waktunya bersamaan dengan bulan purnama.

Fyi, fenomena ini dinamakan hujan meteor Perseid karena karena titik radian hujan meteor ini seolah-olah berasal dari arah rasi bintang Perseus. Oiya, fenomena ini juga sering dikaitkan dengan komet Swift-Tuttle, lo.

Wah, asyik nih menikmati malam sambil lihat hujan meteor perseid, Millens. (IB18/E04)